29 Perusahaan Raih Zero Accident

Balikpapan, Humpro - 29 perusahaan di Kota Balikpapan meraih penghargaan zero accident dari Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi Republik Indonesia sebagai apresiasi pemerintah pusat kepada perusahaan yang menerapkan kesehatan dan keselamatan kerja (K3) di bidang nihil kecelakaan kerja (zero accident). Pengharagaan tersebut diberikan oleh Wali Kota Balikpapan Rizal Effendi pada Upacara HUT Provinsi kaltim Ke-57 dan Peringatan Bulan K3 Tahun 2014 di halaman Kantor Wali Kota Balikpapan, Senin pagi (20/1).

 

 

Wali Kota Balikpapan Rizal Efendi dalam sambutannya memberikan apresiasi kepada perusahaan yang telah meraih pengharagaan zero accident sebagai upaya perusahaan dalam meminimalkan kecelakaan kerja di lingkungannya. “Saya ucapkan selamat kepada perusahaan yang mendapatkan penghargaan, mudah-mudahan catatan baik ini bisa dipertahankan dan disosialisasikan dalam berbagai forum, sehingga K3 benar-benar semakin membudaya di perusahaan-perusahaan di kota balikpapan dalam skala yang lebih luas,” ucapnya.

Pada Bulan K3 Tahun 2014 akan digelar sejumlah kegiatan untuk mensosialisasikan kampanye K3 di Balikpapan, salah satunya adalah sosialisasi bahaya dan tindakan antisipasi bagi masyarakat yang tinggal di lereng gunung atau daerah permukiman yang padat, termasuk juga sosialisasi k3 di sekolah- sekolah dan perguruan tinggi. “Kegiatan tersebut merupakan partisipasi Balikpapan untuk mendukung cita-cita besar yang ditetapkan oleh Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi yaitu Indonesia berbudaya K3 Tahun 2015, “ lanjutnya.

Selain pemberian penghargaan Zero Accident, pemerintah Kota Balikpapan juga memberikan sertifikat kepada 3 perusahaan yang telah menjalankan Sistem Manajemen K3 (SMK3), yaitu Total E&P Indonesie, PT Telekomunikasi Indonesia Tbk kantor Daerah Pelayanan Telekomunikasi Indonesia Kalimantan Timur, dan PT pertamina Refinery Unit V Balikpapan. (hms/mgm)