ASI, makanan terbaik untuk bayi

 

Balikpapan, Humpro – Tidak perlu diragukan lagi bahwa air susu ibu (ASI) adalah nutrisi terbaik untuk bayi. Sebagai makanan alami dengan kandungan gizi yang cukup ASI juga mempunyai lebih banyak keunggulan dibandingkan dengan susu formula. Untuk itu pemberian ASI eksklusif sejak hari pertama hingga bayi berusia 6 bulan sangat penting.

 

Disamping mengandung zat gizi sesuai kebutuhan bayi untuk pertumbuhan, perkembangan fisik, dan kecerdasan, mengandung zat kekebalan, melindungi bayi dari alergi serta membantu memperbaiki refleks mengisap, menelan, dan pernafasan bayi, ternyata ASI juga dapat berfungsi sebagai vaksin. Artinya meskipun seorang ibu menyusui tengah sakit ASI nya tetap aman diberikan kepada bayinya.

Mengingat betapa besar manfaat pemberian ASI pada 6 bulan pertama bahkan hingga bayi berumur 2 tahun, Komunitas Peduli ASI Balikpapan (KPAB) menggelar Festival ASI 2014 di Atrium E-Walk Balikpapan Super Block.

Pada acara yang berlangsung selama 2 hari (8-9 Februari) juga akan dilaksanakan talkshow tentang tumbuh kembang balita, parenting, dan makanan pendamping ASI, workshop tentang pijat bayi dan sikat gigi anak yang menghadirkan narasumber dari Ikatan Dokter Gigi Indonesia, dan sejumlah kegiatan lainnya.

Menurut Ketua Penyelenggara, Restu Putri Nanda, Festival ASI 2014 yang bertema Healthy Baby  Happy Family bertujuan untuk memberikan informasi dan edukasi tentang manfaat ASI bagi bayi kepada para orang tua dan calon orang tua secara tepat, akurat dan tersebar luas.

“KPAB juga mempunyai kegiatan rutin seperti BBC (Bagi-Bagi Cerita) Seputar ASI setiap bulan, ASI on the street setiap minggu di Lapangan Merdeka, dan sosialisasi MPASI (Makanan Pendukung ASI). Kegiatan-kegiatan tersebut kami laksanakan untuk membuka hati para orang tua agar mau memberikan  ASI eksklusif kepada bayinya,” terang Restu.

Senada dengan apa yang disampaikan oleh Restu Putri, Kepala Dinas Kesehatan Kota Balikpapan Drg. Dyah Muryani yang dalam hal ini mewakili Wali Kota Balikpapan menyampaikan apresiasi positif terhadap penyelenggaraan acara tesebut.

“Manfaat ASI memang begitu besar, dan kegiatan semacam ini juga sangat membantu dalam meningkatkan capaian pemberian ASI eksklusif demi menghasilkan generasi unggul yang sehat, cerdas, dan berakhlak mulia,” ujar Dyah.

Pada acara tersebut juga dilakukan pengukuhan Kelompok Pendukung Ibu Menyusui di seluruh kecamatan di Kota Balikpapan. Pengukuhan kelompok yang beranggotan Tim Penggerak PKK Kecamatan dilakukan oleh Ketua TP PKK Kota Balikpapan Hj. Arita Rizal Effendi.(hms/tim liputan)