Persatuan PKL Gelar Wayang Semalam Suntuk

 

Balikpapan, Humpro - Masih dalam memperingati hari jadi Kota Balikpapan ke-117, persatuan Pedagang Kaki Lima (PKL) dan kuliner mengadakan pagelaran wayang semalam suntuk di daerah wisata kuliner Melawai 1, Rabu (19/2). Acara tradisional Jawa ini dihadiri oleh Kepala Dinas Pemuda, Olah-raga, Kebudayaan dan Pariwisata (Disporabudpar) Oemy Facessly yang mewakili Walikota Balikpapan. Dibuka dengan penampilan dalang cilik Nyi Menik yang juga putri dari dalang asli Balikpapan Ki Trisunu. Dalang cilik tersebut memainkan wayang selama lebih dari satu jam dan berhasil memakau ratusan orang yang hadir di acara tersebut.

Usai penampilan dari dalang cilik Nyi Menik, dilanjutkan oleh sambutan Wali Kota Balikpapan yang dibacakan oleh Oemy Facessly. Dalam sambutan yang dibacakannya, Kepala Disporabudpar memberikan apresiasi kepada persatuan PKL dan kuliner di daerah Melawai 1, “Saya mengucapkan terima kasih atas peran dan partisipasi para PKL dan kuliner Melawai 1 yang ikut membangun Kota Balikpapan menuju kota nyaman dihuni. Kawasan Melawai menjadi salah satu lokasi favorit bagi kalangan muda termasuk keluarga Balikpapan dan para pendatang untuk menikmati kuliner Balikpapan yang sangat variatif. Semoga para PKL dan kuliner dapat menjaga kondisi ini, sehingga Balikpapan tetap menjadi sasaran wisata bagi para pelancong” paparnya.

Lebih lanjut Oemy mengatakan bahwa PKL dan kuliner merupakan salah satu kekuatan ekonomi rakyat yang semakin hari semakin berkembang. “Kontribusi mereka cukup besar dalam menopang pondasi ekonomi masyarakat termasuk ekonomi nasional. Apalagi jika PKL dan kuliner rakyat ini dapat terus dibina dan mampu bekerjasama dengan Pemerintah Kota untuk mewujudkan pedagang-pedagang PKL yang tangguh, jujur, memeperhatikan masalah kebersihan, cita rasa dan kesehatan,” ujarnya. Oemy berharap dengan diadakannya pergelaran wayang semalam suntuk ini dapat mempererat tali silahturahmi para PKL dan kuliner Melawai 1, sehingga dapat menumbuhkan lingkungan yang aman dan nyaman. (hms/ecs)