Pawai Budaya Meriahkan Hut Kota Ke 117

 

Balikpapan, Humpro – Dalam rangka memeriahkan acara HUT Kota Balikpapan ke 117, Dinas Pemuda Olahraga Kebudayaan dan Pariwisata (Disporabudpar) Balikpapan mempersembahkan Pawai Budaya dan Pembangun yang berlangsung Minggu (23/2). Acara yang dimulai di Lapangan Merdeka ini disambut oleh Walikota dan Wakil Walikota Balikpapan, Ketua DPRD Balikpapan, jajaran pejabat tinggi Kota Balikpapan, serta masyarakat Kota Balikpapan di depan Kantor Pemerintah Kota Balikpapan dengan sangat meriah.

Terdapat 104 peserta yang turut serta berpartisipasi dalam acara ini. Peserta tersebut selain dari paguyuban-paguyuban berbagai daerah yang ada di Balikpapan, juga diikuto oleh instansi  di lingkungan Pemkot Balikpapan, BUMN, BUMD, pihak swasta, persatuan suporter sepakbola yang ada di Balikpapan seperti Balistik, Aremania, hingga The Viking, dan masih banyak lagi peserta lainnya.

Arak-arakan yang menggunakan kendaraan hias ini dimulai dari Lapangan Merdeka menuju simpang empat lampu merah Plaza Balikpapan, kemudian melewati area Gunung Sari, Karang Jati, Rapak, dan berakhir di Stadion Persiba Parikesit. Acara yang melibatkan seluruh lapisan masyarakat Kota Balikpapan ini mampu menyita perhatian masyarakat sehingga memenuhi sisi jalan selama 2 jam lamanya.

Yang menarik pada acara Pawai Budaya dan Pembangunan kali ini adalah sayembara yang dilakukan oleh Dinas Pasar Kota Balikpapan. Terdapat voucher bernilai satu juta rupiah di dalam balon yang diterbangkan oleh Walikota Balikpapan setelah salah satu perwakilan Dinas Pasar menyerahkan balon tersebut. Bagi siapapun yang berhasil menemukan dan menangkap balon tersebut, dapat langsung menyerahkannya ke Kantor Dinas Pasar Kota Balikpapan dan membawa pulang uang tunai senilai satu juta rupiah. (hms/ans)