Bangga Menjadi Pemilih Pemula

Balikpapan, Humpro – Kementrian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) RI melalui Direktorat Pengolahan dan Penyediaan Informasi, Ditjen Informasi dan Komunikasi Publik bekerja sama dengan Pemerintah Kota Balikpapan menyelenggarakan diskusi publik dan sosialisasi pemilu untuk pemilih pemula di Balikpapan bertajuk Bangga Menjadi Pemilih Pemula.

 

Acara yang dihadiri ratusan pelajar SMA, SMK, dan Mahasiswa/i perguruan tinggi negeri dan swasta se-Kota Balikpapan digelar di Grand Ballroom Hotel Gran Senyiur Balikpapan, Selasa (11/3).

Membuka acara, Kepala Kantor Kesbangpol Balikpapan Sutadi yang hadir mewakili Wali Kota Balikpapan mengungkapkan pihaknya menyambut baik pelaksanaan sosialisasi pemilu bagi pemilih pemula di kota minyak ini.

“Saya atas nama Pemerintah Kota Balikpapan berharap melalui sosialisasi ini dapat memberikan pencerahan dan menambah wawasan para generasi muda selaku pemilih pemula mengenai arti penting pertisipasi dalam demokrasi, salah satunya dengan menggunakan hak suaranya dalam pemilihan umum legislatif dan presiden tahun ini,” ungkapnya. “Saya juga berharap melalui kegiatan positif ini angka golput di Balikpapan dapat mengalami penurunan,” harap Sutadi.

Sementara itu Dedet Surya Nandika selaku Direktur Pengolahan dan Penyediaan Informasi Kemkominfo mengatakan berdasarkan Center for Election and Political Party (CEPP) Universitas Indonesia (UI) diperkirakan Pemilu 2014 bakal diramaikan oleh 50 juta Pemilih Pemula yang rata-rata berusia 17-23 tahun, sehingga partai politik berlomba-lomba menarik perhatian dan simpati kelompok tersebut, salah satu caranya dengan menggunakan media sosial karena pengguna media tersebut didominasi oleh para generasi muda.

“Hendaknya penggunaan media sosial seperti Facebook dan Twitter dioptimalkan untuk menyebarkan informasi yang lebih positif,” ujar Dedet.

“Dalam tahun politik ini tidak ada salahnya kalian sebagai para pemilih pemula generasi penerus bangsa menggunakan media sosial sebagai salah satu alat untuk menyebarkan informasi dan ajakan-ajakan yang dapat menggugah semangat para pemuda lainnya untuk turut serta berpartisipasi dalam pemilu tahun ini, baik pemilu legislatif maupun pemilu Presiden,” lanjutnya.

Diskusi Publik Bangga Menjadi Pemilih Pemula kali ini cukup menarik perhatian para pelajar SMA, SMK, dan Mahasiswa/i perguruan tinggi Kota Balikpapan. Hal ini tampak dari banyaknya peserta yang memadati lokasi acara. Diskusi publik tersebut menghadirkan tiga narasumber yaitu Prof. Dr. R. Siti Zuhro selaku pengamat politik LIPI, Ida Farida selaku Ketua KPUD Provinsi Kalimantan Timur, dan Soekirmanto selaku Ketua Panwaslu Kota Balikpapan.(hms/ans)