Walikota : Butuh Perhatian Serius Untuk Mengurangi Tingkat Kebakaran

Balikpapan, Humpro – Peningkatan jumlah kasus kebakaran yang terjadi di wilayah Kota Balikpapan di awal tahun ini memang sangat memprihatinkan. Terjadinya 10 kali kebakaran di pemukiman, 5 kali di tempat usaha, dan 7 kali kebakaran lahan dalam tiga bulan terakhir serta jatuhnya korban jiwa dalam peristiwa kebakaran tersebut sangat membutuhkan perhatian serius, tidak hanya dalam penanggulangan dampak bencana namun juga menyangkut upaya meminimalisir kemungkinan terjadinya bencana.

 

Demikian ditegaskan oleh Wali Kota Balikpapan dalam sambutannya pada upacara peringatan HUT Pemadam Kebakaran Nasional  (Damkarnas) Ke-95 dan HUT Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Ke-64 yang berlangsung Senin (17/3) di Halaman Kantor Wali Kota Balikpapan.

Pada upacara yang diikuti oleh ratusan anggota KORPRI, anggota Satpol PP dan BPBD Pemerintah Kota Balikpapan serta fire rescue dari PT. Pertamina  dan PT. Total Indonesie, Wali Kota juga menggarisbawahi arahan Menteri Dalam Negeri RI tentang perhatian daerah untuk meningkatkan upaya pencegahan dan penanggulangan kebakaran dengan lebih mengedepankan tindakan preventif.

“Menteri Dalam Negeri juga menyampaikan pentingnya pengembangan peran serta masyarakat, perguruan tinggi, lembaga swadaya masyarakat, dunia usaha, dan organisasi mitra pemerintah dalam upaya pencegahan dan penanggulangan kebakaran,” ujar Wali Kota.

“Saya harap peringatan hari Damkarnas ini dapat kita jadikan momentum untuk meningkatkan semangat dan kinerja kita dalam pencegahan dan penanggulangan kebakaran, serta untuk meningkatkan kesadaran seluruh komponen kota untuk membantu mewujudkan hal tersebut sesuai dengan porsinya masing-masing,” lanjut Wali Kota.

Usai pelaksanaan upacara, Wali Kota didampingi Muspida dan Kepala BPBD Kota Balikpapan  menyerahkan penghargaan kepada Suyatno (Alm), anggota Damkar BPBD Pemerintah Kota Balikpapan yang meninggal dunia akibat mengalami kecelakaan kerja saat memadamkan kebakaran di Balikpapan Barat  beberapa waktu lalu. Penghargaan tersebut diterima oleh istri Suyatno. Wali Kota juga menyerahkan penghargaan kepada Taufik Rahman (Balakarcana Balikpapan Barat), Ruslan (Koti Pemuda Pancasila), Iswanto (Balakarcana Balikpapan Tengah) dan Asmantang Tikno (Rescue 4x4). (hms/ tim liputan)