Kampanye Damai, Awal Pesta Demokrasi Kota Balikpapan

Balikpapan, Humpro - Ratusan orang yang terdiri dari simpatisan dan pengurus 12 partai politik (parpol) peserta pemilu mengikuti Kampanye Damai yang berlangsung di Lapangan Merdeka, Sabtu (15/3). Kampanye Damai ini merupakan pembuka dari serangkaian kegiatan kampanye dan sosialisasi yang akan dilakukan calon anggota legislatif (caleg) selama 21 hari ke depan sebelum Pemilihan Anggota Legislatif (Pileg) yang akan berlangsung 9 April mendatang.

Dalam rentan waktu tersebut, seluruh caleg diberikan kesempatan untuk menyampaikan visi dan misi mereka guna meyakinkan masyarakat melalui berbagai kegiatan kampanye hingga iklan di media massa cetak dan juga elektronik. Kampanye Damai ini turut dihadiri oleh Wali Kota serta segenap unsur Muspida Pemerintah Kota Balikpapan.

Kampanye Damai dimulai dengan pembacaan deklarasi serta penandatanganan kesepakatan dari seluruh ketua parpol di Balikpapan yang berisi kesiapan untuk menjaga kondusifitas selama berlangsungnya kampanye pemilu hingga hari pencoblosan.

Acara dilanjutkan dengan konvoi keliling kota menggunakan kendaraan roda 4 yang dilengkapi dengan atribut masing-masing parpol. Sebanyak 508 caleg di 6 daerah pemilihan (dapil) di kota minyak ini akan memperebutkan 45 kursi parlemen di DPRD Balikpapan.

Dalam kesempatan tersebut Wali Kota Balikpapan Rizal Effendi mengingatkan bahwa selama berlangsungnya kampanye ini banyak hal yang bisa menimbulkan potensi  keamanan seperti teror sampai gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) yang dilakukan oleh oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab. “Untuk itu, Saya minta kepada masyarakat untuk bersama-sama menjaga keamanan supaya kampanye ini bisa berjalan lancar dan kondusif,” ungkapnya.

Wali Kota juga meminta kepada masyarakat Balikpapan yang telah memiliki hak pilih agar beramai-ramai datang ke tempat pemungutan suara (TPS) pada 9 April mendatang guna memilih caleg dan parpol pilihannya. “Saya minta agar seluruh masyarakat Balikpapan tidak golput dan menggunakan hak suaranya sesuai pilihan mereka masing-masing,” jelasnya. (hms/asc)