Salut Walikota untuk Pengabdian Satlinmas

Balikpapan, Humpro – “Saya mohon keikhlasan saudara-saudara selama bertugas, terutama menghadapi  Pemilu 2014, meskipun anggaran untuk kesejahteraan yang disediakan pemerintah sangat terbatas. Jadi kerja Satlinmas ini memang lebih banyak pengabdian yang bernilai ibadah.” Demikian diungkapkan Wali Kota Balikpapan Rizal Effendi dalam sambutannya saat menghadiri pembukaan Bimtek Pengendalian Keamanan Lingkungan Bagi Satuan Linmas Dalam Menghadapi Pemilu 2014, di Zamrud Room Hotel Pasific Balikpapan, Selasa (25/3).

 

Di hadapan lebih kurang 50 orang peserta Bimtek yang berasal dari anggota Satlinmas (Satuan Perlindungan Masyarakat) dari Kelurahan dan Kecamatan se Kota Balikpapan serta anggota Satlinmas dari Satpol PP Kota Balikpapan, Wali Kota mengungkapkan bahwa dirinya merasa sangat perlu untuk menghadiri acara ini. “Saya merasa sangat berkepentingan untuk menghadiri acara ini karena saya ingin sekali bertemu dan menyemangati saudara-saudara sekalian,” ujar Wali Kota.

“Diakui bahwa jumlah personil Kepolisian untuk pengamanan Pemilu 2014 sangat terbatas, untuk itu sangat diperlukan bantuan dari Satlinmas bahkan di garda depan sebagai tenaga pengaman di TPS-TPS,” lanjut Wali Kota. “Meski begitu, beratnya tugas Satlinmas tidak diimbangi dengan besaran honor yang diberikan untuk Satlinmas. Saya sangat pahami itu. Hal ini karena memang kita harus mengikuti aturan dari Pusat yang menyatakan bahwa Daerah tidak boleh mengeluarkan anggaran tambahan untuk penyelenggaraan pemilu bahkan untuk sekedar membeli  seragam untuk Linmas sekalipun,” tambahnya.

Untuk Pemilu 2014 dibutuhkan lebih kurang 3.030 tenaga Satlinmas yang akan bertugas di 1.360 TPS yang ada di seluruh wilayah Kota Balikpapan.

Menutup sambutannya di acara pembukaan bimtek yang akan berlangsung selama dua hari tersebut, Wali Kota berharap agar Pemilu 2014 dapat berjalan lancar dan Satlinmas ikut berperan dalam sukses penyelenggaraan pesta demokrasi lima tahunan tersebut. “Saya juga meminta kepada anggota Satlinmas, meskipun Satlinmas juga harus netral tetapi dapat berperan dengan ikut mendorong masyarakat untuk mendatangi TPS dan menggunakan hak pilihnya. Sekali lagi saya ucapkan terima kasih atas kerja kerasnya dan selamat bertugas,” pungkas Wali Kota.(hms/tim liputan)