Walikota Harap Tahun Ini Bisa Raih WTP

Balikpapan, Humpro – Walikota Balikpapan Rizal Effendi secara langsung menyampaikan laporan keuangan tahun 2013 kepada Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) perwakilan Provinsi Kalimantan Timur di Gedung BPK Samarinda, Jumat (28/3).

Dalam  sambutannya Walikota Rizal Effendi mengatakan bahwa seluruh jajaran Pemerintah Kota Balikpapan terus berupaya meningkatkan akuntabilitas pengelolaan keuangan daerah, baik dalam aspek penganggaran, penatausahaan, maupun pelaporan keuangan. “Wujud dari upaya tersebut adalah dengan menindaklanjuti rekomendasi hasil audit BPK yang dilaksanakan pada tahun-tahun sebelumnya kami berharap laporan keuangan yang kami serahkan pada hari ini dapat meningkat hasil opininya, dari Wajar Dengan Pengecualian, menjadi Wajar Tanpa Pengecualian,” ujar Walikota Rizal Efendi.

Sementara itiu, Kepala BPK perwakilan Provinsi Kaltim Sri Haryoso menyampaikan terima kasih kepada walikota dan bupati serta Kepala SKPD yang telah hadir dan tepat waktu dalam menyampaikan laporan keuangan daerah. “Saya harap laporan keuangan ini sudah disusun dengan baik, dan bagi daerah yang mendapatkan penilaian WDP (Wajar Dengan Pengecualian) agar dapat diselesaikan dengan baik sehingga opini yang akan datang bisa mendapatkan penilaian yang lebih baik,” ujar Sri Haryoso. Ia meminta untuk memperhatikan beberapa asset yang mendapatkan hasil kurang baik. “Selain itu untuk tindak lanjut yang masih dalam proses maupun yang belum diproses agar segera diselesaikan,” ujarnya.

Selain Kota Balikpapan pada kesempatan tersebut juga terdapat  Pemerintah Kota Bontang, Kabupaten Kutai Kertanegara, Kabupaten Paser, Kabupaten Bulungan, dan Kabupaten Malinau yang datang untuk menyampaikan laporan keuangan daerahnya masing-masing kepada BPK RI Perwakilan Kaltim. (HMS/Rey)