Bupati Bangka Tengah Kunjungi Permukiman Atas Air Marga Sari

Balikpapan, Humpro – Bupati Bangka Tengah H. Erzaldi Rosman, SE, MM, melakukan kunjungan ke Kota Balikpapan dalam rangka mempelajari penataan dan relokasi permukiman nelayan. Bupati beserta rombongan diterima langsung oleh Sekretaris Daerah Kota Balikpapan Sayid MN Fadli di ruang rapat I kantor Wali Kota Balikpapan, Rabu (2/4).

Menurut Bupati Bangka Tengah Erzaldi Rosman, dipilihnya Balikpapan sebagai tempat untuk melakukan kunjungan kerja karena Balikpapan telah memiliki prestasi dalam menata permukiman atas air di Kelurahan Marga Sari Kecamatan Balikpapan Barat.

“Ini merupakan kunjungan kami yang kedua kalinya ke Kota Balikpapan, setelah pada tahun sebelumnya (2013) kami juga melakukan kunjungan untuk melihat pengelolaan bank sampah serta Pola Hidup Bersih dan Sehat di Kota Balikpapan bersama dengan seluruh Kepala Desa kami,” jelas Bupati Erzaldi dalam sambutannya.

Selain Bupati, turut serta dalam rombongan tersebut adalah Sekda Kabupaten Bangka Tengah, Kepala Dinas PU, Kepala BLH, Sekretaris Dinas PU, Kepala Desa Kurau Timur, Kepala Desa Kurau Barat, dan Kepala Dusun Kurau Kabupaten Bangka Tengah.

Bupati Erzaldi menjelaskan bahwa di Desa Kurau Timur dan Kurau Barat Kabupaten Bangka Tengah akan dilakukan penataan permukiman yang sebagian besar dihuni oleh nelayan. Sebelumnya permukiman di desa tersebut telah mengalami kebakaran pada tahun 1989 dan pada tahun 2014 baru direncanakan untuk melakukan penataan kembali di kedua desa tersebut. “Rencananya proyek penataan permukiman ini akan dilaksanakan pada bulan Mei sehingga kami berkunjung kesini untuk melihat langsung permukiman atas air di Marga Sari Balikpapan,” ujarnya.

Pada paparannya, Sekda Kota Balikpapan didampingi oleh Arbain Side selaku Ketua tim pengelola permukiman atas air Marga Sari menjelaskan mengenai langkah yang ditempuh oleh Pemerintah Kota Balikpapan dalam melakukan relokasi perumahan atas air Marga Sari. “Langkah yang ditempuh Pemerintah Kota Balikpapan dimulai dari melakukan pendekatan kepada masyarakat, kemudian kami mengajak Menteri Perumahan Rakyat untuk melakukan survey di lokasi tersebut hingga kita menyiapkan sarana dan prasarana seperti air dan listrik di lokasi permukiman yang baru,” jelas Arbain Side.

Lebih lanjut Arbain menjelaskan bahwa di lokasi permukiman yang baru, pemerintah telah menyiapkan rumah tipe 21 secara gratis kepada warga yang akan direlokasi, dengan kompensasi warga harus membongkar sendiri rumah yang lama tanpa menuntut ganti rugi kepada Pemkot Balikpapan. “Kemudian masyarakat juga diajak kerjasama dalam menjaga wilayahnya dan agar dapat berkelanjutan maka dibentuk tim pengelola permukiman atas air,” jelas Arbain Side.

Usai melakukan pertemuan di Ruang Rapat I Kantor Walikota Balikpapan, Bupati Bangka Tengah bersama rombongan meninjau langsung permukiman atas air Kelurahan Marga Sari Kecamatan Balikpapan Barat. (HMS/Met, Foto : Ecs)