Wali Kota Tentukan Calon Paskibraka 2014

Balikpapan, Humpro – Seleksi  Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) yang diselenggarakan oleh Dinas Pemuda, Olahraga, Kebudayaan dan Pariwisata (Disporabudpar) Kota Balikpapan telah berakhir, Selasa (1/4) lalu. Seleksi akhir tersebut diadakan di aula rumah jabatan Wali Kota Balikpapan. Sebagai penilai hasil tes akhir adalah Wali Kota Balikpapan yang didampingi oleh Kepala Dinas Disporabudpar Oemy Facessly dan Kepala Bidang Pemuda dan Olahraga Irfan Taufiq.

Para peserta seleksi terdiri dari 62 siswa/i yang sebelumnya telah mengikuti seleksi di kantor Disporabudpar pada tanggal 24-28 Maret lalu. Seleksi akhir kemudian memilih 42 peserta calon Pasikibraka. Kemudian dari 42 peserta tersebut dipilih lagi 3 peserta untuk mewakili Kota Balikpapan di tingkat Provinsi. Sementara 20 peserta yang tidak lolos dialihkan menjadi cadangan, 10 cadangan putra dan 10 cadangan putri.

Seleksi Paskibraka tahun ini berbeda dengan seleksi tahun-tahun sebelumnya. Pada tahun ini tahapan seleksi akhir dipilih langsung oleh Wali Kota Balikpapan. Kepala Bidang Pemuda dan Olahraga Dispobudpar Kota Balikpapan Irfan Taufiq menjelaskan bahwa seleksi akhir Paskibraka tahun ini sengaja dilaksanakan di aula rumah jabatan Wali Kota Balikpapan, agar Wali Kota dapat menilai langsung seleksi tersebut. “Seleksi ini sengaja kita laksanakan disini, mengingat banyak sekali kritik dan saran yang datang tentang transparansi pemilihan calon peserta Paskibraka di tahun-tahun yang lalu,” ujar Irfan.

Tahapan seleksi yang dilakukan oleh panitia penerimaan seleksi Paskibraka menilai peserta dari segi kelengkapan administrasi, wawasan kebangsaan, psikotes, kesamaptaan jasmani (samjas), dan kesehatan. (hms/ecs)