Selamat bertugas Satlinmas Balikpapan

Balikpapan, Humpro – Apel siaga dan serah terima anggota Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas) dari Pemerintah Kota Balikpapan kepada Polres Balikpapan digelar Jumat (4/4) sore di halaman Kantor Wali Kota Balikpapan. Serah terima anggota Satlinmas ditandai dengan penandatanganan berita acara oleh Walikota Balikpapan Rizal Effendi dan Kapolres Balikpapan AKBP Andi Aziz disaksikan unsure Muspida, Komisioner KPU, dan Ketua Panwaslu Kota Balikpapan.

 

Sebanyak 3030 anggota Satlinmas yang diserahterimakan Jumat sore lalu selanjutnya akan bertugas membantu personil kepolisian sebagai tenaga keamanan di tiap-tiap TPS di seluruh Kota Balikpapan pada hari pencoblosan dan pengamanan kotak suara di kelurahan hingga kecamatan pada saat perhitungan suara.

Dalam pidato dan arahannya, Wali Kota Balikpapan mengucapkan terima kasih dan penghargaannya kepada seluruh anggota Satlinmas yang akan bertugas pada pelaksanaan Pemilu 2014. “Saya ucapkan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya atas kesediaan dan keikhlasan saudara-saudara yang telah bergabung sebagai anggota Satlinmas yang sangat penting dalam penyelenggaraan keamanan dan ketertiban Pemilu 2014,” ujar Walikota.

Wali Kota juga memohon dukungan segenap anggota Satlinmas untuk dapat bersama-sama dengan personil Polri dan Satpol PP membantu mengamankan tahapan-tahapan dalam rangkaian kegiatan Pemilu baik Pileg maupun Pilpres. “Saya mohon dukungan, kekompakan, dan kerjasama saudara-saudara dengan personil Polri dan Satpol PP pada saat bertugas nanti,” harap Walikota. “Pilpres nanti adalah untuk memilih dan menentukan pimpinan nasional, jadi kerjasama dan bahu membahu harus diutamakan,” lanjutnya.

Menyangkut kurangnya fasilitas bagi anggota Satlinmas yang akan bertugas pada Pemilu mendatang, Walikota mengakui adanya beberapa kekurangan seperti besaran honorarium yang lebih kecil hingga adanya sekitar 400 orang anggota Satlinmas yang belum menerima pakaian seragam dan kemungkinan tidak berseragam pada saat bertugas besok.

“Saya menyadari betul kekecewaan saudara. Tapi saya mohon betul keikhlasan dan kesadaran saudara untuk tetap menjalankan tugas. Ada beberapa ketentuan, regulasi yang tidak dapat kita lampaui,” ungkap Walikota. “ Sekali lagi saya mohon dukungan dan keikhlasan saudara dalam situasi yang serba kekurangan ini untuk tetap dapat turut serta membantu pengamanan Pemilu yang tinggal beberapa hari lagi,” lanjutnya.

Sementara itu Kapolres Balikpapan AKBP Andi Aziz yang diminta langsung oleh Walikota untuk memberikan arahan kepada anggota Satlinmas juga menyampaikan kebanggaannya pada seluruh anggota Satlinmas. “Saya bangga karena saudara-saudara dengan ikhlas bergabung dalam Satuan Linmas,” ujar Kapolres. “Tugas pengamanan dan ketertiban Pemilu bukan semata-mata tugas aparat tetapi partisipasi aktif masyarakat juga sangat diperlukan,” paparnya.

Pada kesempatan yang sama Kapolres memberikan sejumlah arahan bagi seluruh anggota Satlinmas saat bertugas kelak. “Dalam pelaksanaan tugas nanti Satlinmas dapat bekerja sama dengan anggota Polri yang dikoordinir oleh masing-masing Polsek,” terang Kapolres. “Jadi mohon diketahui siapa koordinatornya masing-masing. Bapak Pangdam dan Kapolda juga akan mengecek langsung di lapangan nanti,” lanjutnya.

Menutup arahannya, Kapolres berharap pada anggota Satlinmas untuk dapat berekrja dengan baik sehingga Pemilu dapat berjalan dengan aman dan lancar. “Kita harus bisa menunjukkan bahwa Balikpapan yang kita cintai dan kita banggakan ini adalah daerah yang aman, tertib, dan kondusif. Kita pasti bisa wujudkan itu,” pungkasnya (hms/tim liputan).