Menteri PU Resmikan Pembangunan Bendungan Teritip

 

Balikpapan, Humpro – Menteri Pekerjaan Umum Ir. Djoko Kirmanto bersama Walikota Balikpapan Rizal Effendi meresmikan pembangunan Bendungan Teritip Kecamatan Balikpapan Timur, Jumat (11/4).

Menurut Kepala Balai Wilayah Sungai Kalimantan III Irawan Hartono, dengan dibangunnya Bendungan Teritip diharapkan dapat menampung air baku sebesar 2.400.000 m3. “Selain untuk menampung air baku, bendungan ini diharapkan dapat mensuplai kebutuhan air baku masyarakat Kota Balikpapan sebesar 200 l/dt,” ungkapnya. Selain itu, menurutnya BendunganTeritip ini nantinya juga sebagai pengendali banjir di permukiman penduduk dan kawasan indstri di wilayah Balikpapan Timur, serta memiliki nilai pariwisata yakni untuk meningkatkan pariwisata serta income masyarakat sekitar.  Ia juga mengharapkan agar Pemkot Balikpapan dapat menjaga kelestarian daerah tangkapan air dari Bendungan Teritip tersebut.

Sementara itu Walikota Balikpapan Rizal Effendi dalam sambutannya menyambut baik dengan dibangunnya Bendungan Teritip tersebut. “Saat ini kami juga membangun waduk Sungai Wain, serta telah melakukan studi ke wilayah Samboja Kukar untuk meneliti Sungai Merdeka dan waduk lainnya yang mungkin bisa kami manfaatkan untuk kebutuhan air baku,” jelas Walikota Rizal Effendi. Walikota Rizal Effendi juga menjelaskan bahwa saat ini PDAM telah membangun instalasi sementara untuk memenuhi kebutuhan air masyarakat  di sekitar Teritip.

Menteri Pekerjaan Umum (PU) Djoko Kirmanto mengatakan bahwa kegiatan pengelolan terpadu tidak berhenti sampai pembangunan bendungan saja tapi harus sampai tahap pemeliharaan dan konservasi. “Saya harapkan kontraktor pelaksana bisa menyelesaikan pembangunan bendungan ini secara tepat waktu, tepat biaya, dan tepat kualitasnya,” ujarnya.

Usai sambutan Menteri PU, acara  ground breaking Bendungan Teritip tersebut secara resmi dibuka dengan membunyikan sirine oleh Menteri PU, Gubernur Kaltim, Walikota Balikpapan, Pangdam VI Mulawarman, dan Anggota  Komisi V DPR RI Hetifah sebagai tanda dimulainya pembangunan bendungan tersebut.

Perlu diketahui bahwa proyek pembangunan Bendungan Teritip adalah proyek multiyears dengan dana dari APBN murni dan pelaksanaan pekerjaannya pada tahun 2014- 2016. Untuk kebutuhan lahan pembangunan Bendungan Teritip disiapkan oleh Pemerintah Kota Balikpapan.

Selain Bendungan Teritip, di Balikpapan juga telah dilaksanakan pembangunan Embung Bengawan yang akan menampung 206.000 m3 air baku, serta Embung Sungai Wain yang diperkirakan dapat menampung 4.000.000 m3 air baku. (HMS/Tim Liputan)