Wagub Targetkan Kelulusan Tahun Ini 100%

Balikpapan, Humpro – Wakil Gubernur Kaltim H. M Mukmin Faisyal HP didampingi oleh Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Kaltim dan Kepala Dinas Pendidikan Kota Balikpapan melakukan peninjauan pelaksanaan Ujian Nasional (UN) dibeberapa sekolah di Balikpapan, Senin (14/4).

Peninjauan dilakukan di empat sekolah, terdiri dari SMKN 3, SMKN 4, SMAN 5, dan SMAN 1 Balikpapan. Di akhir peninjauan rombongan juga melakukan pengecekan terhadap pengumpulan soal-soal Ujian Nasional yang dikumpulkan di PT. Pos Indonesia Kota Balikpapan. Pengecekan terutama dilakukan pada segel dan pengamanan sampul lembaran soal-soal Ujian Nasional.

Di sela-sela peninjauannya, Wakil Gubernur Kaltim mengatakan Ujian Nasional tahun ini berjalan cukup baik, belum terlihat kendala yang besar dalam proses pelaksaannya. “Semua berjalan lancar dan sampai saat ini belum ada laporan adanya kendala. Pagi tadi saya menerima laporan dari Kepala Dinas Pendidikan bahwa sejauh ini pelaksanaan Ujian Nasional berjalan cukup baik dibandingkan tahun lalu, dilihat dari aspek kerahasiaan dokumentasi dan ketertiban pelaksanaannya,” ujarnya.

Wagub menambahkan persiapan yang dilakukan panitia cukup baik, hal ini dapat menunjang kredibilitas pelaksanaan Ujian Nasional khususnya di Kota Balikpapan. “Setelah pelaksanaan ujian Nasional ini berakhir kami akan adakan evaluasi, agar tahun kedepannya bisa lebih baik lagi,” tambahnya.

Berdasarkan hasil peninjauan kali ini tidak ditemukan kecurangan maupun permasalahan-permasalahan dalam pelaksanaan Ujian Nasional tingkat SMA dan SMK. Seluruh siswa-siswi peserta Ujian Nasional tertib mengikuti Ujian. Jumlah peserta Ujian Nasional SMKN 3 berjumlah 663 peserta, SMKN 4 berjumlah 261 peserta, SMAN 1 berjumlah 353 peserta, dan SMAN 5 berjumlah 328 peserta. Hanya saja di SMAN 5 terdapat 1 siswi yang tidak dapat mengikuti Ujian Nasional dikarenakan mendadak sakit saat perjalanan menuju sekolah. (hms/ecs)