Sekilas Pileg 2014 di Kota Balikpapan

Balikpapan, Humpro – Hampir sepekan satu kegiatan dalam rangkaian acara pesta demokrasi 2014 telah terlampaui. Pemilihan umum untuk memilih wakil-wakil rakyat yang akan duduk sebagai anggota DPRD, DPR, dan DPD atau dikenal dengan istilah Pileg telah digelar 9 April lalu. Selanjutnya, pada tanggal 9 Juli mendatang bangsa Indonesia kembali akan menyalurkan hak pilihnya. Kali ini untuk menentukan kepemimpinan nasional melalui Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden untuk periode 2014-2019.

Di seluruh wilayah Kota Balikpapan penyelenggaraan Pileg berlangsung aman dan tertib. Segenap masyarakat Balikpapan telah berhasil menjaga kondusivitas keamanan kota baik selama penyelenggaraan kampanye, masa tanang, hingga hari pencoblosan meskipun mereka mempunyai pandangan politik dan pilihan wakil rakyat yang berbeda.

Sehari sebelum pelaksanaan Pileg, Wali Kota didampingi unsur Muspida, Ketua KPU, dan Ketua Panwaslu serta sejumlah pejabat di lingkungan Pemerintah Kota Balikpapan melakukan penijauan ke sejumlah TPS di wilayah Kota Balikpapan, guna mamantau langsung kesiapan penyelenggaraan Pileg yang meliputi persiapan tempat, sarana, dan patugas TPS.

TPS yang dikunjungi rombongan Wali Kota antara lain TPS 42 di Perumahan Balikpapan Regency, TPS 1 di Ruko Bandar, TPS 36 Kelurahan Sumber Rejo, TPS 40 Kelurahan Baru Ilir, TPS 02 Kelurahan Gunung Samarinda, TPS 13 Kelurahan Kariangau, dan TPS 23 Kelurahan Lamaru di ujung timur Balikpapan.

Tidak hanya itu, agar Pileg 2014 dapat berjalan lancar, aman, dan tertib, Selasa (8/4) petang Pemerintah Kota Balikpapan menggelar doa bersama di Aula Kantor Wali Kota  Balikpapan.

Pada hari pencoblosan tepatnya tanggal 9 April 2014 warga Balikpapan yang telah mempunyai hak pilih mendatangi TPS untuk memberikan hak suara mereka. Sebanyak 410.839 warga Balikpapan masuk dalam DPT (Daftar Pemilih Tetap) dan 3.155 orang terdaftar dalam DPT Khusus. Wakil Gubernur Kaltim Mukmin Faisyal HP juga memberikan hak pilihnya di TPS 12 Kelurahan Sumber Rejo Balikpapan. Bersama Wagub, di hari yang sama Kapolda Kaltim Irjen Polisi Dicky Atotoy dan Pangdam VI/Mulawarman Mayjen TNI Dicky Wainal Usman berkesempatan meninjau pelaksanaan pemungutan suara di sejumlah TPS di Balikpapan.

Tingkat partisipasi warga Balikpapan dalam Pileg 2014 cukup baik. Berdasarkan data dari Kantor Kesbangpol Kota Balikpapan, sampai dengan hari Senin (14/4) angka tingkat partisipasi pemilih rata-rata mencapai 71,58%. Jumlah ini diperkirakan semakin meningkat seiring dengan masuknya data dari hasil perhitungan suara di tingkat kelurahan dan kecamatan.

Namun pada penyelenggaraan Pileg 2014 di Kota Balikpapan juga terdapat berita duka. Arbain, Ketua KPPS 11 Kelurahan Baru Tengah meninggal dunia saat melakukan rekapitulasi perhitungan suara akibat kelelahan.

Saat mengunjungi rumah duka, Kamis (10/4) Wali Kota Balikpapan atas nama pribadi maupun jajaran Pemerintah Kota Balikpapan mengungkapkan rasa duka yang mendalam atas meninggalnya almarhum. Kepada pers Wali Kota menyampaikan pentingnya melakukan pemeriksaan kesehatan bagi para petugas KPPS.

“Penting bagi para petugas yang akan bertugas di TPS untuk memeriksakan kesehatan sebelum menjalankan tugas. Tanpa bermaksud diskriminatif saya juga juga menghimbau agar KPPS sebaiknya bukan perempuan, apalagi dalam Pileg ini rekapiltulasi dan perhitungan suara berlangsung cukup lama. Bahkan ada yang sampai pagi hari. Jadi kondisi fisik harus benar-benar terjaga,” ujar Wali Kota.

Dijadwalkan pada tanggal 19-20 April 2014 tahapan Pileg adalah rekapitulasi dan penetapan hasil perhitungan suara tingkat kabupaten/kota. Dan pada 20-22 April 2014 akan disampaikan pengumuman rekapitulasi hasil penghitungan suara tingkat kabupaten/kota oleh KPU kabupaten/kota.(hms/tim liputan).