AS Siap Kerjasama Dengan Pemerintah Kota Balikpapan

Balikpapan, Humpro – Duta Besar Amerika Serikat (AS) untuk Indonesia Robert Blake mengunjungi Pemerintah Kota Balikpapan, Senin (21/4). Kedatangan Dubes AS Robert Blake beserta rombongan secara langsung diterima oleh Walikota Balikpapan Rizal Effendi di Aula Pemkot Balikpapan. Dubes AS kali ini datang bersama sejumlah delegasi dari berbagai sektor usaha yakni perusahaan AS yang ada di Indonesia.

Maksud dari kunjungan Dubes AS ke Pemkot Balikpapan adalah untuk menjalin kerjasama baik di bidang kesehatan, teknologi, maupun ekonomi. Dalam pertemuan tersebut Robert Blake juga menyatakan ketertarikannya dengan konsep green city yang dilakukan oleh Pemkot Balikpapan. Ia memuji sikap dari Pemkot Balikpapan yang tetap memperhatikan faktor lingkungan dalam membangun wilayahnya.

Bahkan Dues AS juga  menawarkan Pemerintah Kota Balikpapan untuk berkunjung langsung ke salah satu kota di Amerika yang telah berhasil menerapkan konsep green city dalam pengelolaan kotanya. Usai melakukan pertemuan dengan  Walikota Balikpapan, Dubes AS Robert Blake dijamu makan malam di Hotel Novotel bersama dengan Gubernur Kalimantan Timur Awang Faroek Ishak, serta para anggota Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Kota Balikpapan.

Dubes AS  Robert Blake beserta staf Kedutaan Besar AS dijadwalkan  pada Selasa (22/4) akan berkunjung ke Pondok Pesantren Terpadu Al-Mujahidin Balikpapan di Jl. Soekarno Hatta km 10 Karang Joang Balikpapan Utara. Dalam kunjungannya tersebut, Dubes AS akan meninjau pelaksanaan peringatan “Hari Bumi” yang diselenggarakan oleh para murid Ponpes Al-Mujahidin. Selain itu, Ia juga akan bertatap muka dengan para siswa/siwi untuk berdiskusi mengenai perubahan iklim, pelestarian alam dan keanekaragaman hayati, serta kerjasama RI-AS dalam bidang lingkungan hidup.  Selain mengunjungi Pesantren Al –Mujahidin, Robert Blake rencananya juga akan berkunjung ke Borneo Orangutan Survival (BOS) di Samboja. (HMS/ Tim Liputan)