2 Mei 2014 SAUM Koridor D Akan Uji Coba Gratis

 

Balikpapan, Humpro – Uji coba operasional Sarana Angkutan Umum (SAUM) Kota Balikpapan akan dilaksanakan pada Hari Jumat 2 Mei 2014 tepat pada pukul 14.00 wita. Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Dinas Perhubungan Kota Balikpapan Suseno saat melakukan rapat dengan Walikota Balikpapan Selasa (22/4) di Ruang Rapat I Kantor Walikota Balikpapan.

Uji coba operasional SAUM tersebut akan dilakukan di Terminal Batu Ampar Kota Balikpapan yakni koridor  D dengan rute Terminal Batu Ampar – Pelabuhan Penyeberangan Ferry di Kariangau. Rencananya ujicoba operasional SAUM tersebut akan dilaksanakan selama  2 bulan yang akan didukung oleh 4 unit armada Bus. “Selama masa ujicoba semua biaya operasional dibebankan pada Dokumen Pelaksanaan Anggaran (DPA) Dinas Perhubungan Kota Balikpapan Tahun 2014, dan apabila masa ujicoba berakhir, maka pelaksanaan SAUM akan dikelola dari hasil seleksi lelang untuk pengelola SAUM,” jelas Suseno.

“Untuk operasional selanjutnya biaya akan ditanggung oleh pengelola yang ditunjuk dengan cara memungut biaya kepada penumpang sebesar Rp. 5.000,- untuk sekali perjalanan,” ujar Suseno. Ia mengatakan selama masa ujicoba, penumpang tetap menggunakan karcis dengan nominal tarif Rp. 5.000,- untuk satu kali perjalanan tetapi pada karcis tersebut akan terdapat stempel yang bertuliskan gratis.

Sementara itu Walikota Balikpapan mengingatkan bahwa saat menggunakan SAUM tersebut harus tetap disosialisasikan untuk tidak merokok bagi penumpang maupun awak bus.  “Saya mohon dukungan dari Organda agar kita tetap menjaga ketertiban karena selama ini orang dari luar Balikpapan sangat terkesan dengan ketertiban di Balikpapan,” ujar Walikota Balikpapan. (Hms/ Met, Foto: Rey)