Balikpapan Raih The 1st Champion Overall Society Category pada IDSA 2014

JAKARTA-Pemerintah Kota Balikpapan berhasil menorehkan prestasinya sebagai The 1st Champion Overall Society Category dalam ajang Indonesia Digital Society Award (IDSA) 2014 yang digelar oleh MarkPlus.Inc dengan dukungan penuh dari Kementerian Komunikasi dan Informatika serta PT Telekomunikasi Indonesia, Tbk pada Kamis (8/5).

Penghargaan tersebut diterima langsung oleh Walikota Balikpapan pada Kamis (8/5) malam di di Mal Kota Kasablanka, Jakarta. Sebelumnya pada siang harinya walikota mendapat kesempatan pertama  memaparkan tentang TIK di Balikpapan dihadapan Dewan Juri yang diketuai oleh Ir. Cahyana Ahmadjayadi Kepala Badan Diklat Kemendagri serta Prof. Dr. Ir. Suhono Harso Supangkat M.Eng Kepala Lembaga Pengembangan Inovasi dan Kewirausahaan LPPM ITB, Bambang Dwi Anggono, M. Eng Kasubdit Aplikasi Layanan Kepemerintahan, Direktorat E-Government Kementrian Kominfo, Ir. Diah Indrajati Direktur Peningkatan Kapasitas dan Evaluasi Kinerja Daerah Kemendagri dan Farid Subhan (Chief Business Officer, MarkPlus, Inc).


Adapun program yang menjadi unggulan dari Pemerintah Kota Balikpapan dalam IDSA Tahun 2014 ini, antara lain ketersediaan konektifitas / akses internet di seluruh Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) serta penggunaan 19 aplikasi, diantaranya yang sudah digunakan secara online meliputi Sistem Informasi Administrasi Kependudukan (SIAK), Sistem Informasi Puskesmas (SIMPUS),  Layanan Pengadaan Sistem Elektronik (LPSE), Sistem Informasi Pengelolaan Keuangan Daerah (SIPKD), Payment Online untuk Sistem Pajak Bumi dan Bangunan serta berbagai website yang ada.

Dalam paparannya disampaikan berbagai keuntungan dalam penggunakan TIK, yaitu meningkatkan transparansi dan akuntabilitas penyelenggaraan pemerintahan, meningkatkan kualitas layanan kepada masyarakat, mempermudah proses administrasi perkantoran, mempermudah proses pengadaan barang / jasa pemerintah, tersedianya informasi yang mudah diakses oleh masyarakat melalui internet dan pelaksanaan pemerintahan yang lebih efisien.

Adapun usaha yang segera dilakukan untuk lebih meningkatkan pemanfaataan TIK di Pemerintah Kota Balikpapan adalah penguatan organisasi urusan TIK menjadi Kantor Kominfo yang sudah masuk dalam Prolegda Tahun 2014, penyusunan Perda e-Government dan penyusunan ulang blueprint e-Government, melakukan integrasi data antar data yang sejenis, pembangunan backbone jaringan fiber optic dari kantor walikota ke perkantoran ruhui rahayu, membuat website untuk seluruh SKPD, pengkajian pelaksanaan online pajak hotel dan restoran serta PBB, perluasan layanan kependudukan sampai dengan Kelurahan, integrasi data pelayanan perijinan terpadu dari beberapa SKPD terkait, penyiapan aplikasi bantuan sosial dan mengkoordinasikan dengan Kementerian Kominfo dan Kementerian PAN&RB untuk implementasi SIMAYA.

Ajang penghargaan yang penilaiannya telah dilakukan sejak April 2014 diikuti sebanyak 70 Pemerintah Kota dan 187 Pemerintah Kabupaten, yang kemudian diundang untuk memaparkan tentang TIK hanya 5 besar terbaik untuk kategori Kota maupun Kabupaten dengan empat aspek penilaian yaitu initiative, leadership, usership, dan benefit. (A.Sir)