KPU Balikpapan Tetapkan Anggota DPRD Balikpapan Periode 2014-2019

Balikpapan, Humaspro – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Balikpapan telah melakukan rapat pleno penetapan perolehan kursi dan calon terpilih anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Balikpapan periode 2014-2019. Rapat pleno tersebut dilaksanakan di Hotel Grand Tiga Mustika Balikpapan, Selasa (13/5). Rapat pleno tersebut dihadiri Walikota Balikpapan Rizal Effendi, Ketua DPRD Balikpapan Andi Burhanuddin Solong, jajaran muspida, pimpinan partai politik , serta saksi dari partai politik peserta pemilu.

Ketua KPU Balikpapan Noor Toha dalam sambutannya melaporkan bahwa seminggu sebelum menggelar rapat pleno tersebut, KPU telah mengadakan evaluasi kinerja dengan Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Panitia Pemungutan Suara (PPS). “Saya berterima kasih kepada Walikota Balikpapan yang telah mendukung pelaksanaan pemilu dan kepada parpol yang berhasil menjaga agar pemilu tetap kondusif,” ujar Noor Toha. Ia juga menjelaskan usai rapat pleno maka akan dilanjutkan dengan tahap peresmian dan pengambilan sumpah janji.

Sementara itu Walikota Balikpapan dalam sambutannya mengatakan bahwa dengan segala kekurangannya secara keseluruhan Balikpapan merupakan penyelenggara pileg terbaik di Kaltim. Mengingat tugas Ketua Panitia Pemungutan Suara (KPPS) yang berat, Walikota Balikpapan berharap untuk kedepan KPPS jangan dijabat oleh wanita karena tugasnya sangat berat dan membutuhkan energi yang banyak serta waktu penghitungan suara yang bahkan dapat berlangsung hingga subuh.

“Pekerjaan sebagai PPS dan PPK harus dipandang sebagai pengabdian untuk kepentingan bangsa karena pekerjaannya sangat berat dan tidak rasional mulai dari subuh sampai subuh keesokannya, karena kalau dipandang sebagai pekerjaan tentu saja honornya tidak mencukupi,” jelas Walikota Rizal Effendi.

Walikota juga mengevaluasi pileg yang telah berlangsung karena tidak mencapai target tingkat partisipasi yakni  70%, sementara saat pileg hanya mencapai 69%. “Dari hasil evaluasi justru tingkat partisipasi pemilih di Kecamatan Balikpapan Tengah dan Kota yang paling rendah, sehingga saya sudah menugaskan lurah dan camat untuk mencermati mengapa banyak yang tidak menggunakan hak pilihnya,” jelas Walikota Rizal Effendi.

Kepada Anggota DPRD terpilih, walikota meminta dukungan dan kerjasama yang baik saat masa transisi karena tidak lama lagi akan bersinergi dalam penetapan APBD perubahan dan  APBD Tahun 2015. Usai sambutan, acara dilanjutkan dengan penetapan perolehan jumlah kursi di DPRD dan penetapan 45 calon terpilih anggota DPRD Balikpapan 2014-2019. (Hms/Met, foto : Fit/Yud)