Rakernas APEKSI 2014: Membangun Kesiapan Masyarakat Perkotaan Menuju ASEAN Economic Community 2015

Rakernas (Rapat Kerja Nasional) APEKSI (Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia) ke X tahun 2014 yang diselenggarakan di Ballroom Hotel Comfort, Jalan Sudirman, Kota Dumai, Provinsi Riau, Rabu (21/05). Acara tersebut dibuka secara resmi oleh Gubernur Provinsi Riau H. Annas Ma’amun, ditandai dengan pemukulan gong yang dilakukan oleh Kepala Kejati Riau Edi Rakamto, didampingi oleh Walikota Dumai Khairul Anwar, Direktur Eksekutif APEKSI Sarimun Hadisaputra, serta Ketua Dewan Pengurus APEKSI Vicky Lumentut yang juga Walikota Manado. Adapun tema pelaksanaan Rakernas APEKSI tahun 2014 ini adalah “Kesiapan Pemerintah Kota dalam menghadapi ASEAN Economic Community 2015”

Dalam sambutannya, Gubernur Riau menekankan betapa pentingnya membangun tanah sendiri. “Kita tidak dapat mengharapkan orang lain yang membangun tanah kita, melainkan diri kita sendiri yang mesti membangun kampung halaman kita” kata Gubernur Riau. ''Inilah yang harus kita perbaiki, bagaimana kita bisa memperjuangkan masyarakat kita untuk menjadi sejahtera. Yang terpenting niat kita jadi seorang pemimpin. Jika niatnya untuk merubah daerah kita menjadi lebih baik lagi, Insya Allah, Allah akan bersama kita” sambungnya. Dikatakannya lagi bahwa dengan demikian kota-kota yang ada di Indonesia menjadi kota yang maju, modern, cemerlang, gemilang dan siap menyongsong Asean Economic Community 2015.

Setelah pembukaan, acara dilanjutkan dengan pemaparan materi dan diskusi panel. Yang disampaikan oleh pemateri dari Sekretariat Dirjen Kementerian Luar Negeri dan Sekretariat Dirjen Kerjasama Perdagangan Internasional Republik Indonesia. Walikota Balikpapan H.M. Rizal Effendi didaulat menjadi moderator.

Masih di hari yang sama, dalam rangkaian kegiatan Rakernas APEKSI 2014 ini, Walikota Balikpapan yang didampingi oleh sejumlah pejabat Pemerintah Kota Balikpapan seperti Asisten I Bidang Tata Pemerintahan Syaiful Bachri, Kepala Bagian Kerjasama Daerah, Administrasi Wilayah dan Pertanahan Elvin Junaidi, Kepala Bagian Perekonomian Arzaedi Rachman, Kepala Bagian Pemerintahan Zulkifli, serta Kepala Bagian Humas dan Protokol Sudirman Djayaleksana, berkesempatan ambil bagian dalam pawai budaya yang juga diikuti oleh seluruh perwakilan kota peserta Rakernas APEKSI 2014. Dalam kesempatan ini Walikota memberikan cinderamata kepada Walikota Dumai Khairul Anwar beserta istri.

Setelah mengikuti pawai budaya, tak ketinggalan Walikota Balikpapan dan pejabat lainnya menyempatkan diri mengunjungi stan pameran Pemerintah Kota Balikpapan yang juga ikut serta dalam City Expo 2014. Kesempatan ini dimanfaatkan oleh Duta Wisata dan kelompok penari tradisional yang tampil pada pawai budaya untuk berfoto bersama dengan Walikota dan rombongan

Keesokan harinya, Walikota Balikpapan yang kali ini diwakili oleh Asisten I Bidang Tata Pemerintahan, bersama dengan walikota lainnya melaksanakan penanaman pohon  di kompleks Lapangan Bukit Gelanggang, Kota Dumai. Kegiatan penanaman pohon merupakan tradisi dari pelaksanaan Rakernas APEKSI setiap tahunnya, dan bertujuan melestarikan lingkungan dan alam, serta menjadi simbol persahabatan di antara sesama kota anggota APEKSI.

(humas-protokol)