Forum Rekreatif Arahkan Anak Berpikir Positif

Balikpapan, Humaspro – Pusat Pelayanan Terpadu Pemberdayaan Perempuan dan Anak  (P2TP2A) secara rutin mengadakan forum komunitas anak. Forum ini bertujuan untuk memfasilitasi kebutuhan anak berupa kegiatan diskusi mengenai isu-isu yang berkembang di dunia anak dan remaja. Dalam kegiatan ini mereka yang tergabung dalam beberapa komunitas secara aktif berdiskusi, berkarya, dan bercerita tentang apa saja yang menjadi permasalahan mereka. Forum ini lebih bersifat rekreatif, karena memilih tempat-tempat serta tema diskusi yang santai dan mengihur dengan mendatangkan narasumber, seperti forum yang dilaksanakan di Lapangan Merdeka, Minggu (25/5).

Dalam hasil wawancara singkat dengan ketua P2TP2A Hj Sri Wahyuningsih SH mengatakan forum ini dilaksanakan secara rutin setiap minggunya. Ibu Yuyun (sapaan akrab) menjelaskan bahwa P2TP2A menggunakan metode yang rekreatif dengan berpindah-pindah dari tempat satu ke tempat yang lainnya. Selain itu P2TP2A kedepannya berusaha untuk memberikan pelatihan di bidang seni dan olah raga yang secara bergantian di lakukan setiap minggunya.

P2TP2A melalui forum rutin ini memiliki tujuan utama melindungi anak dari segala bentuk kekerasan. “Anak dilindungi dari kekerasan, baik kekerasan fisik maupun kekerasan psikis. Undang-undang No. 23 Tahun 2002 tentang perlindungan anak melindungi anak dari kekerasan, kekejaman, penganiayaan, penyiksaan, diskriminasi, eksploitasi (baik ekonomi maupun seksual), penelataran, ketidakadilan dan perlakuan salah lainnya,” papar Yuyun.

Selain itu P23TP2A juga menyediakan pelayanan terpadu, meliputi pendampingan, pelayanan psikologis, bantuan hukum serta rujukan medis dan rumah aman. Pelayanan tersebut diberikan secara gratis. Para pengadu atau pelapor dapat mengunjungi sekretariat P2TP2A di Jl. Milono No. 30 RT. 46 Kelurahan Gunung Sari Ilir, Kecamatan Balikpapan Tengah, Kalimantan Timur, atau dapat menghubungi di No. Tlp (0542) 7074411 atau di No. 082152858026, dan E-mail p2tp2a_bpp@yahoo.co.id. (hms/ecs)