Masuk Peringkat 3 Besar, Balikpapan Dikunjungi Tim Verifikasi Adipura

Balikpapan, Humaspro – Tim verifikasi penilaian Adipura yang dipimpin oleh Hafidz Khairudin dari Kementerian Lingkungan Hidup RI, Senin (26/5) malam mengunjungi Kota Balikpapan untuk melakukan verifikasi lapangan atas data yang telah diserahkan oleh Pemerintah Kota Balikpapan.

 

Kedatangan Hafidz, yang didampingi oleh Syahrial dari Tim Penggerak PKK (TP PKK) Pusat dan sejumlah anggota tim verifikasi dari Kementerian Lingkungan Hidup disambut oleh Wali Kota, Wakil Wali Kota, Sekretaris Daerah dan sejumlah Kepala SKPD di lingkungan Pemerintah Kota Balikpapan di Ruang Rapat I Kantor Wali Kota Balikpapan.

“Kenapa Balikpapan ini termasuk yang di verifikasi dalam Adipura Kencana, karena ada ketentuan dalam program penilaian Adipura untuk kategori kota besar dan metropolitan verifikasi dilakukan sampai dengan peringkat 3 besar, sedangkan untuk kategori kota sedang dan kecil sampai dengan peringkat 5. Setelah di verifikasi barulah diajukan sebagai nominasi Adipura Kencana. Kebetulan Kota Balikpapan termasuk dalam 3 besar,” ungkap Hafidz.

“Hari ini (26/5) kami telah selesai melakukan verifikasi lapangan. Dan kami melihat banyak kemajuan di Kota Balikpapan, antara lain peran serta masyarakat dalam pengelolaan sampah, pengelolaan sampah di TPA, dan yang paling tampak adalah dalam menanamkan jiwa bersih dan semangat pengelolaan sampah sejak dini,” lanjutnya.

“Kami juga sudah melakukan verifikasi di sekolah, bertanya langsung pada para siswa secara acak. Hasilnya dalam diri para siswa sudah benar-benar tertanam jiwa cinta lingkungan dan hidup bersih. Dan itu tidak direkayasa,” imbuhnya.

Sementara itu Syahrial, anggota tim verifikasi dari TP PKK mengungkapkan bahwa mulai tahun ini TP PKK Pusat dilibatkan dalam penilaian Adipura Kencana dan masuk dalam Dewan Adipura. “Tahun ini Kementerian Lingkungan Hidup telah menandatangani MoU dengan PKK Pusat,” ujar Syahrial. “Keterlibatan PKK merupakan salah satu penilaian, yaitu menyangkut bagaimana pemberdayaan masyarakat dan keluarga dalam pengelolaan lingkungan,” tambah Syahrial.

Lebih lanjut Syahrial mengungkapkan bahwa kunjungannya ke Balikpapan Senin lalu adalah kunjungan kali kedua. “Beberapa waktu lalu saya pernah datang ke Balikpapan. Saat itu untuk melakukan penilaian Lingkungan Bersih dan Sehat meskipun hanya di wilayah Kelurahan Sepinggan. Namun secara umum Balikpapan memang kota yang bersih,” puji Syahrial.

Pada pertemuannya dengan Tim verifikasi, Wali kota melakukan ekspos pengelolaan lingkungan hidup di Kota Balikpapan. Selama lebih kurang 1 jam Wali Kota menyampaikan ekspos berjudul Inovasi Pembangunan Kota Berwawasan Lingkungan dan Berkesinambungan. (hms/tim liputan)