Wawali : Kedepankan Rehabilitasi Bagi Korban Penyalahguna Narkoba

Balikpapan, Humaspro – Sebagai upaya untuk membangun komitmen bersama antara pemerintah dan masyarakat dalam gerakan pencegahan, pemberantasan penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba (P4GN) di Kota Balikpapan serta untuk mewujudkan Kota Balikpapan “Bersinar” (bersih dari penyalahgunaan narkoba), Badan Narkotika Nasional (BNN) Kota Balikpapan bekerjasama dengan Total E&P Indonesie, Sabtu (31/5) menggelar Sosialisasi P4GN bertema Aksi Bersama untuk Mendukung Pelaksanaan Program Penyelamatan Penyalahguna/Pecandu Narkoba di Kota Balikpapan Tahun 2014.

 

Menurut Ketua BNNK Balikpapan I Ketut Rasna selaku Ketua Penyelenggara, salah satu tujuan acara yang digelar di BSCC Dome Balikpapan tersebut adalah untuk membangun komitmen dan paradigma baru terhadap penyalahguna/pecandu narkoba.

“Penyalahguna/pecandu narkoba lebih baik direhabilitasi daripada dipenjarakan. Karena korban penyalahguna narkoba sebenarnya adalah orang yang menggunakan narkoba tanpa hak dan melawan hukum, oleh karena itu secara hukum pemidanaannya adalah direhabilitasi,” terang Rasna.

Rasna juga mengungkapkan bahwa upaya pemberantasan secara masif telah dilaksanakan dengan baik oleh kepolisian dan instutusi lainnya namun belum dapat menyelesaikan permasalahan bahkan prevalensi penyalahgunaan narkoba terus meningkat. “Oleh karena itu perlu adanya keseimbangan untuk menyembuhkan atau memulihkan para pecandu melalui program-program rehabilitasi sehingga ada keseimbangan penekanan demand and supply,” lanjutnya.

Sementara itu Wakil Wali Kota Balikpapan Heru Bambang yang hadir dan membuka secara resmi acara sosialisasi ini mengatakan bahwa tema acara ini sejalan dengan pencanangan tahun 2014 sebagai tahun penyelamatan bagi penyalahguna narkoba di Indonesia. “Dengan tema tersebut kiranya semakin menyadarkan kita semua bahwa penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba adalah musuh bersama dan harus diperangi oleh seluruh komponen bangsa,” ujar Wawali.

“Saya berharap melalui kegiatan ini dapat merubah pandangan masyarakat kita tentang paradigma cara memandang para penyalahguna narkoba, dimana sebagai korban mereka seharusnya diselamatkan. Kita harus lebih mengedepankan rehabilitasi bagi para korban tersebut,” sambungnya.

Sosialisasi yang dihadiri oleh ribuan hadirin yang terdiri dari Ketua RT, Ketua LPM, dan pelajar se Kota Balikpapan menghadirkan narasumber Bringjen Pol Dr. Victor Pudjiadi, Direktur Advokasi Deputi Pencegahan BNN dan pendukung acara lainnya antara lain selebriti Dony Kesuma dan Putri Indonesia 2013 Wulandari.(hms/tim liputan)