Balikpapan Kembali Raih Adipura Kencana

Balikpapan, Humaspro - Kota Balikpapan kembali mendapat penghargaan Adipura Kencana Tahun 2014 dari Presiden Republik Indonesia.  Penghargaan bergengsi pada bidang lingkungan itu diserahkan langsung oleh Wakil Presiden Boediono di Istana Wakil Presiden Jakarta, Kamis (5/6). Penghargaan tersebut diserahkan bertepatan dengan peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia. Balikpapan meraih penghargaan Adipura kencana untuk kategori kota besar bersama dengan Kota Malang.

Selain Adipura Kencana, diserahkan pula penghargaan adipura kepada 86 kabupaten/kota se-Indonesia. Walikota Balikpapan mengaku sangat bangga akan keberhasilan Kota Balikpapan dalam meraih Adipura Kencana. "Adipura kencana diberikan kepada kota yg melampaui batas pencapaian dari segi pengendalian pencemaran air dan udara, pengelolaan tanah, perubahan iklim, sosial,ekonomi serta keanekaragaman hayati," jelas walikota. Menurut walikota, syarat memperoleh Adipura Kencana tidaklah mudah karena tidak boleh ada penurunan dalam hal kualitas air dan udara.

Walikota Rizal Effendi menambahkan penghargaan ini juga merupakan hasil dari konsistensi partisipasi masyarakat dalam menjaga lingkungan, sinergi seluruh SKPD di Pemkot Balikpapan, dan kepedulian dunia usaha yang ikut melalui program CSR dalam bidang lingkungan hidup. “Terima kasih kepada masyarakat Balikpapan yang telah menciptakan lingkungan yang bersih indah dan nyaman sehingga dapat mempertahankan Piala Adipura Kencana,” ujar Walikota Rizal Effendi.

Kabupaten/Kota di Kaltim yg juga meraih penghargaan adipura adalah Bontang untuk kategori kota sedang, serta Penajam dan Tenggarong untuk kategori kecil. Jumlah penerima penghargaan tahun 2014 adalah untuk Adipura Kencana 15 kota, adipura 86 kota, piagam adipura 32 kota, dan plakat adipura untuk sarana dan prasarana terbaik 32 kota.

Selain meraih penghargaan Adipura Kencana, Balikpapan juga termasuk salah satu kota dari 16 kabupaten/kota yg memperoleh plakat penyusunan laporan Status Lingkungan Hidup Daerah (SLHD) terbaik untuk kategori kabupaten/kota. Evaluasi terhadap SLHD tersebut digerakkan oleh Kementerian Lingkungan Hidup untuk mendorong pemerintah daerah melaporkan kondisi lingkungan hidupnya. Yang membanggakan, Balikpapan merupakan satu-satunya kota di Kaltim yang berhasil meraih plakat penghargaan SLHD terbaik dari Kementerian Lingkungan Hidup. Penghargaan tersebut diserahkan kepada Kepala Badan Lingkungan Hidup (BLH) Kota Balikpapan Ir. I Ketut Astana, di Hotel Redtop Jakarta pada hari yang sama usai penyerahan penghargaan Adipura Kencana. (Hms/Met)

.