Digelar Sederhana, Acara Penyambutan Adipura Kencana Tetap Semarak

Balikpapan, Humaspro – Kesahajaan acara yang digelar Senin (9/6) di halaman Kantor Wali Kota Balikpapan tidak mengurangi kesemarakan penyambutan Piala Adipura Kencana yang digelar oleh Pemerintah Kota Balikpapan. Kehadiran ratusan petugas lapangan dari Dinas Kebersihan Pertamanan dan Pemakaman (DKPP) yang biasa disebut pasukan orange serta gabungan anggota kelompok CGH (clean green healthy) dari bank sampah se Kelurahan Sepinggan dan Margomulyo yang menampilkan yel-yel memberikan hiburan tersendiri bagi hadirin acara tersebut.

 

Kesemarakan dimulai saat arak-arakan Piala Adipura Kencana yang berhasil dipertahankan oleh Kota Balikpapan berjalan dari Taman Bekapai hingga memasuki halaman Kantor Wali Kota Balikpapan. Selanjutnya piala yang diserahkan oleh Wakil Presiden Boediono untuk Kota Balikpapan pada peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia 5 Juni lalu disandingkan dengan sederet piala dan penghargaan yang berhasil diterima oleh Kota Balikpapan terkait dengan pengelolaan lingkungan hidup. Piala dan penghargaan tersebut antara lain Penghargaan Status Lingkungan Hidup Daerah (SLHD) Terbaik Harapan Tingkat Nasional, Pakarti Utama III Nasional HATINYA PKK untuk Kelurahan Margomulyo serta Proper (program penilaian peringkat kinerja perusahaan dalam pengelolaan lingkungan) untuk sejumlah perusahaan di Balikpapan, dan Piala Adiwiyata untuk sekolah-sekolah berwawasan lingkungan.

Dalam sambutannya Wakil Wali Kota Balikpapan Heru Bambang menyampaikan rasa terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada segenap warga Balikpapan yang bersama-sama dengan pemerintah telah mampu menjaga kebersihan dan pengelolaan lingkungan di Kota Balikpapan.

“Mudah-mudahan penghargaan ini mengindikasikan bahwa masyarakat Kota Balikpapan telah dapat menjalankan pola hidup bersih dan berwawasan lingkungan secara konsisten sekaligus mampu mengikuti standar kualitas kebersihan kota besar karena Adipura Kencana ini diberikan kepada kota yang melampaui batas pencapaian dari segi pengendalian pencemaran air dan udara, pengelolaan tanah, perubahan iklim, sosial,ekonomi serta keanekaragaman hayati,” ungkap Wakil Wali Kota.

Sampai saat ini Kota Balikpapan telah berhasil meraih 17 kali penghargaan Adipura sekaligus ke-4 kali Adipura Kencana dan dua diantaranya diraih dalam dua tahun berturut-turut.

Pada kesempatan yang sama Wakil Wali Kota Balikpapan beserta Ketua DPRD Kota Balikpapan didampingi Sekretaris Daerah dan Kepala Dinas Pendidikan Kota Balikpapan menyerahkan penghargaan kepada siswa-siswi peraih nilai tertinggi tingkat Kota Balikpapan dalam ujian nasional jenjang SMA/MA/SMK tahun 2014.(hms/tim liputan)