Walikota Pimpin Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi

 

Balikpapan, Humaspro - Upacara peringatan detik-detik Proklamasi yang digelar oleh Pemerintah Kota  Balikpapan di Lapangan Merdeka, Minggu (17/8) berlangsung dengan hikmat. Walikota Balikpapan Rizal Effendi menjadi Inspektur upacara pada peringatan HUT RI ke- 69 yang diikuti oleh jajaran TNI/POLRI, Anggota DPRD Kota Balikpapan, Pejabat Pemkot Balikpapan, anggota veteran, serta berbagai komponen masyarakat seperti organisasi kemasyarakatan, pemuda, partai politik dan lainnya.

Upacara dimulai tepat pukul 10.00 wita diawali dengan pengibaran Bendera Merah Putih dari Pasukan Pengibar Bendera (Paskibra) Kota Balikpapan. Petugas pengibar bendera pada peringatan HUT RI ke 69 kali ini adalah Maja Setia dari SMAN 4, Erdinal Mawan Sihombing dari SMAN 4, dan Dwi Cahyo dari SMAN 7 Balikpapan. Sedangkan untuk petugas pembawa bendera duplikat adalah siswi dari SMAN 1 Balikpapan Adinda Gita Miranda.  Pada upacara kali ini bertindak sebagai Komandan Upacara adalah Mayor POM Karyanto yang sehari-hari menjabat sebagai Komandan Satuan (Dansat) Polisi Militer Pangkalan TNI Angkatan Udara (Lanud) Balikpapan.

Usai apel peringatan detik-detik proklamasi, Walikota Balikpapan lalu menuju panggung yang terletak di sebelah Barat lapangan Merdeka untuk melakukan sesi foto bersama pejabat dan unsur muspida, sekaligus membaur bersama warga yang tampak antusias untuk menyaksikan jalannya upacara HUT RI ke 69 tersebut. Usai upacara juga dimeriahkan oleh  konvoi sepeda Onthel Balikpapan Mania (Obama) yang melintas di belakang tribun tamu undangan serta aksi 2 orang paralayang yang terbang dengan membawa spanduk bertuliskan Dirgahayu RI ke 69.

Sebelumnya juga telah dilaksanakan Apel Kehormatan dan Renungan Suci yang berlangsung di Taman Makam Pahlawan Dharma Agung tepat pada pukul 24.00 wita. Apel tersebut sebagai bentuk penghormatan kepada pahlawan yang telah gugur dalam memperjuangkan kemerdekaan Republik Indonesia. Turut hadir dalam Apel renungan suci tersebut Walikota, Wakil Walikota Balikpapan dan seluruh peserta yang terdiri dari unsur TNI, POLRI, PNS, Organisasi Kepemudaan serta tokoh masyarakat. (HMS -Tim Liputan)