Hiburan Rakyat dan Panjat Pinang Berhadiah Motor Meriahkan HUT RI Ke-69

 

 

Balikpapan, Humaspro – Perayaan HUT RI ke-69 Kota Balikpapan kali ini terasa lebih semarak dengan adanya lomba panjat pinang dengan hadiah utama 1 unit sepeda motor. Lomba panjat pinang tersebut digelar usai upacara peringatan detik-detik proklamasi di Lapangan Merdeka, Minggu (17/8). Panitia Hut RI telah menyiapkan 8 pohon pinang yang menandakan bulan kemedekaan Republik Indonesia. Selain panjat pinang, serangkaian lomba khas 17an pun digelar seperti tarik tambang dan balap karung yang terbuka bagi masyarakat umum.

Usai upacara peringatan detik-detik proklamasi, Walikota Balikpapan Rizal Effendi didampingi oleh Ketua DPRD Balikpapan Andi Burhanuddin Solong dan muspida, menyaksikan pertunjukkan yang digelar untuk menghibur warga Kota Balikpapan. Berbagai atraksi menarik diselenggarakan di Lapangan Merdeka seperti Barongsai hingga Reog Ponorogo. Hal tersebut tentunya menyedot perhatian warga yang tampak antusias untuk mengikuti perayaan Hut RI tersebut.

Walikota Balikpapan Rizal Effendi bersama dengan Ketua DPRD Balikpapan Andi Burhanuddin Solong bahkan tanpa ragu-ragu menerima ajakan untuk diangkat kemudian duduk di kepala pembarong Reog  yang dengan kuatnya mengangkat dadak merak saat pertunjukkan berlangsung.

Menurut Irfan Taufik selaku seksi lomba dari panitia Hut RI ke -69, selain berbagai lomba khas 17an, juga akan diadakan karnaval yang akan diikuti oleh murid TK se Kota Balikpapan pada Minggu (24/8) pekan depan. “Rencananya murid TK ini akan melakukan parade dengan busana nasional dan akan mulai dari Lapangan Merdeka menuju Monpera,” jelasnya. Ia mengatakan pada hari yang sama juga akan dilaksanakan lomba voli pantai yang berlokasi di pantai tepat di belakang rumah dinas Pangdam VI Mulawarman. “Saat ini tim yang akan bertanding telah melakukan technical meeting dan siap untuk mengikuti lomba tersebut,” ujar Irfan Taufik. (HMS-Tim Liputan)