Walikota : "Kebun Raya Balikpapan, Persembahan dari Kami untuk Warga Dunia"

Balikpapan, Humaspro – Kebun Raya Balikpapan (KRB) yang berada di Kelurahan Karang Joang, Balikpapan Utara, Rabu (20/8) diresmikan. Sejumlah pejabat antara lain Menteri Kehutanan Zulkifli Hasan, Menteri Pekerjaan Umum Djoko Kirmanto, Ketua LIPI Lukman Hakim, dan Gubernur Kalimantan Timur Awang Faroek Ishak serta undangan lainnya hadir dalam peresmian kebun raya yang terletak di Km 15 lintas Balikpapan – Samarinda.

“Dengan segala keterbatas kami, kami persembahkan Kebun Raya Balikpapan ini untuk warga dunia, warga Balikpapan, dan seluruh masyarakat. Dengan segala daya dan upaya, kami ingin berbuat sesuatu dengan Kebun Raya Balikpapan,” ujar Wali Kota Balikpapan Rizal Effendi saat menyampaikan laporan pada acara peresmian KRB.

Kawasan yang kini menjadi Kebun Raya Balikpapan sebelumnya adalah kawasan bekas kebakaran hutan yang terjadi di Kalimantan Timur pada sekitar tahun 1980 an, kemudian Imdaad Hamid (Wali Kota Balikpapan sebelum Rizal Effendi – red) memperjuangkan kawasan bekas kebakaran ini untuk dapat menjadi Kebun Raya Balikpapan.

Saat ini luas lahan Kebun Raya Balikpapan kurang lebih 309 hektar. Kebun Raya Balikpapan yang berfungsi sebagai pusat konservasi, edukasi sekaligus wisata bagi para pengunjungnya masuk dalam wilayah Kawasan Hutan Lindung Sungai Wain.

Perencanaan pembangunan Kebun Raya Balikpapan yang dimulai sejak tahun 2005 dilakukan dengan menjalin kerjasama dengan  Lembaga Ilmu pengetahuan Indonesia (LIPI), Pusat Konservasi Tumbuhan dan Kebun Raya Bogor.

“Kami ucapkan terima kasih kepada Kementerian Pekerjaan Umum yang telah memberikan bantuan untuk pembangunan infrastruktur di Kebun Raya Balikpapan. Kami  juga mohon dukungan agar Kebun Raya Balikpapan dapat menjadi seperti Kebun Raya Bogor,” harap walikota.

Peresmian Kebun Raya Balikpapan ditandai dengan penandatanganan prasasti oleh Menteri Kehutanan, Menteri Pekerjaan Umum, Ketua LIPI, dan Gubernur Kalimantan Timur dilanjutkan dengan penebaran benih ikan di embung Wain. (hms/tim liputan)