PKK Bulungan studi PHBS di Sepinggan

Balikpapan, Humaspro – Rombongan Tim Penggerak PKK Kabupaten Bulungan mengadakan studi di Kota Balikpapan mengenai program Prilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS). Arita Effendi selaku Ketua Tim Penggerak PKK Kota Balikpapan bersama anggota lainnya menyambut hangat kedatangan rombongan tersebut di kantor Tim Penggerak PKK Kota Balikpapan, Jumat (22/8). Kelurahan Sepinggan dipilih sebagai kawasan studi PHBS, kawasan ini dipilih karena baru saja mendapatkan penghargaan PHBS tingkat provinsi dan juara dua kategori Lingkungan Bersih dan sehat (LBS) tingkat nasional.

Diawali dengan pemaparan oleh Lurah Sepinggan  Nyoto Harsono mengenai program-program sebagai penunjang Kelurahan Sepinggan menjuarai PHBS tingkat provinsi. “Mengubah lingkungan yang bersih itu diawali dengan mengubah kebiasaan masyarakat untuk hidup bersih, sejauh ini kami melakukan upaya yang cukup memiliki pengaruh besar. Pemerintah Kota Balikpapan memiliki program Clean, Green, and Healty (CGH) yang mampu mengubah prilaku masyarakat untuk bersaing menjadikan wilayahnya bersih, hijau dan sehat”, paparnya.

Arita Effendi dalam sambutannya mengatakan bahwa kunjungan PKK Bulungan ini diharapkan dapat memberikan manfaat bagi keduanya. “Saya ucapkan terima kasih kepada seluruh Tim Penggerak PKK Bulungan yang telah memilih Balikpapan sebagai tempat studi PHBS, walaupun dalam perjalanannya penggerak PKK Kota Balikpapan masih jauh dari kata baik, kami akan terus mengevaluasi setiap peran yang kami lakukan untuk membantu Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) dalam menjalankan program-program pemerintah”, ujar Arita.

Selanjutnya rombongan Tim Penggerak PKK Bulungan diajak untuk melihat Kelurahan Sepinggan yang berhasil menjalankan program CGH. Para rombongan diajak untuk mengelilingi Kelurahan Sepinggan agar dapat melihat bagaimana masyarakat di Kelurahan tersebut mampu memenuhi kebutuhan pokok dengan menanam di pekarangan rumahnya seperti menanam cabe, tomat, buah markisa, dan sebagainya. (hms/ecs)