Klik SIDIA, Data Atlet pun Tersedia

Balikpapan, Humaspro – Bidang Pemuda dan Olahraga Disporabudpar Kota Balikpapan dalam waktu dekat akan segera merilis satu inovasi yang akan bermanfaat dalam kemajuan keolahragaan di Kota Balikpapan. SIDIA (Sistem Data dan Informasi Atlet) yang merupakan sebuah sistem berbasis data dalam jaringan (online) akan menyajikan data atlet dari seluruh cabang olahraga yang ada di Kota Balikpapan secara lengkap dan terbarui.

“SIDIA adalah sebuah database yang kami buat yang akan tersaji melalui sistem dalam jaringan (online) yang berisi data-data atlet dari seluruh cabang olahraga yang ada di Kota Balikpapan,” terang Kepala Bidang Pemuda dan Olahraga Disporabudpar Kota Balikpapan, Irfan Taufik, saat diwawancarai oleh tim liputan Humaspro Balikpapan Kamis (22/8) siang.

“Pada SIDIA yang didalamnya memuat antara lain nama, alamat, dan cabang olahraga yang diikutinya, atlet akan kita bagi menjadi 2 kategori, yaitu atlet prestasi dan atlet nonprestasi (belum berprestasi),” lanjut Irfan.

“Prestasi atletpun akan ditampilkan secara detil. Artinya prestasinya sudah sampai level apa, apakah daerah, nasional atau bahkan internasional. Sehingga melalui pengkategorian ini akan memudahkan kita untuk memberikan pembinaan berkelanjutan bagi para atlet tersebut,” tambahnya.

“Jadi, SIDIA bukan hanya memberi kemudahan bagi kami (Pemerintah Kota Balikpapan) dalam memberikan pembinaan bagi para atlet, tetapi juga kepada seluruh stakeholder (para pemangku kepentingan) baik yang berada di Balikpapan ataupun di luar Kota Balikpapan yang ingin turut serta dalam pembinaan dan pengembangan prestasi atlet-atlet di Kota Balikpapan.   Cukup kunjungi dan klik SIDIA maka semua data atlet-atlet di Kota Balikpapan akan tersaji secara lengkap,” lanjutnya lagi.

Ditanyai mengenai tahapan SIDIA hingga saat ini dan proses pendataan atlet-atlet tersebut, Irfan menjelaskan bahwa pihaknya juga menjalin kerjasama dengan unsur-unsur terkait.

“Untuk saat ini kita tengah melakukan sinkronisasi data. Dan untuk hal ini kami menggandeng KONI Kota Balikpapan untuk keperluan update data atlet, termasuk prestasi terakhir para atlet serta nomor-nomor kejuaran yang pernah diikutinya. Ya, saya optimis nantinya SIDIA akan memberikan kontribusi yang besar dalam kemajuan olahraga di Kota Balikpapan,” ujar Irfan Taufik mengakhiri wawancaranya.(hms/tim liputan)