Balikpapan Kembali Raih WTN

 

Balikpapan, Humaspro – Kota Balikpapan kembali meraih piala Wahana Tata Nugraha Tahun 2014 yang akan diserahkan langsung oleh Menteri Perhubungan Republik Indonesia E.E. Mangindaan. Rencananya Walikota Balikpapan Rizal Effendi secara langsung akan menerima Piala WTN tersebut pada 10 September mendatang di Gedung SMESCO Convention Center Jakarta. Selain Walikota Balikpapan, penerimaan piala WTN tersebut juga akan dihadiri oleh Kepala Dinas Perhubungan Kota Balikpapan Suseno, ATD,  Kapolres Balikpapan AKBP Andi Azis Nizar, Kasat Lantas Polres Balikpapan AKP Novy Magdalena, dan Kepala Bagian Humas dan Protokol Setdakot Balikpapan Sudirman Djayaleksana.

Menurut Kabag Humas dan Protokol Setdakot Balikpapan Sudirman Djayaleksana, Tahun ini Balikpapan kembali meraih penghargaan bergengsi yakni Piala WTN untuk kategori Kota Besar bersama dengan lima kota lainnya di Indonesia yakni Pekanbaru, Padang, Bandar Lampung, Surakarta, dan Denpasar. Sedangkan untuk kategori kota metropolitan piala WTN diraih oleh Palembang, Semarang, dan Bandung.

“Piala WTN ini diberikan oleh Kementerian perhubungan sebagai upaya untuk membangun dan mewujudkan budaya keamanan dan keselamatan lalu lintas dan angkutan,” jelas Sudirman Djayaleksana. Lebih lanjut Ia mengatakan bahwa piala WTN ini juga untuk meningkatkan kinerja penyelenggaraan transportasi perkotaan.

Selain Balikpapan, kota/kabupaten lain di Kalimantan Timur yang berhasil meraih penghargaan WTN adalah Penajam  Kabupaten Penajam Paser Utara untuk kategori  kota kecil penerima plakat WTN, Samarinda untuk kategori kota besar penerima piala WTN kategori Lalu Lintas, Bontang untuk kategori kota sedang penerima piala WTN kategori lalu lintas, dan Tenggarong Kabupaten Kutai Kertanegara untuk kategori kota kecil penerima piala WTN kategori lalu lintas.

Menurut Keputusan Menteri Perhubungan nomor KP 747 Tahun 2014  tentang penetapan kota/kabupaten dan provinsi sebagai penerima penghargaan WTN 2014 terdapat 6 jenis penghargaan WTN, yakni Kota Penerima Plakat WTN, Kota Penerima Piala WTN Kategori Lalu Lintas, Piala WTN Kategori Angkutan, Piala WTN, Piala WTN Kencana, dan Piala WTN Wiratama yang diraih oleh Tujuh Provinsi di Indonesia. (Hms)