Balikpapan Raih Penganugerahan Raskin Award 2014

Jakarta, Humaspro – Kota Balikpapan menunjukan prestasi dibidang ketahanan pangan, hal tersebut terungkap melalui Penganugrahan Raskin Award Tahun 2014 yang diterima langsung oleh Wali Kota Balikpapan Rizal Effendi di kantor Bulog, Jakarta (9/10). Berdasarkan keputusan Menteri Koordinasi Bidang Kesahteraan Rakyat Nomor 52 Tahun 2014, Kota Balikpapan mendapatkan penghargaan “kategori Khusus Transparansi Program Terbaik”. Dalam acara tersebut hadir pula Menteri Kesejahteraan Rakyat HR. Agung Laksono sekaligus menyematkan piagam penghargaan kepada setiap Wali Kota/Bupati yang menjadi nominator.

Penganugrahan Raskin Award 2014 ini merupakan penghargaan kali ketiga penghargaan dibidang ketahanan pangan. Pada tahun 2008 lalu menjadi tahun pertama Penganugrahan Raskin Award, kemudian dilanjutkan pada tahun 2009. Program penyaluran raskin 2014 menjadi sesuatu program pemerintah pusat yang sangat dinanti masyarakat marjinal yang seyogyanya membutuhkan beras sebagai bahan pangan utama di Indonesia. Penganugrahan Raskin Award dinilai dapat menjadi wadah evaluasi penyaluran raskin di seluruh tanah air.

Dalam sambutannya Menteri Kesra HR. Agung Laksono mengungkapkan bahwa program raskin merupakan implementasi dari ketahanan pangan yang erat kaitannya dengan kesejahteraan masyarakat, khususnya masyarakat miskin di Indonesia.

“Program ini harus tetap dilaksanakan sebagai bentuk kepedulian Pemerintah dalam mengatasi kemiskinan di Indonesia. Berikan reward bagi wilayah yang benar-benar menjalankan program tersebut dengan baik, lakukan evaluasi disetiap penyalurannya, karena melalui program raskin ini dapat membantu masyarakat Indonesia yang membutuhkan. Selain itu, program penyaluran raskin dapat menurunkan inflasi secara nasional” ujar Agung. (hms/ecs)