Canangkan Program Sehat Melalui Sekolah

Balikpapan, Humaspro – Di tengah permasalahan lingkungan yang muncul akibat musim kemarau yang berkepanjangan, tidak menyurutkan Pertamina untuk menjalankan program lingkungan hidup “Pertamina Foundation Sobat Bumi” melalui sekolah-sekolah yang ada di Kota Balikpapan. Bekerja sama dengan Dinas Badan Lingkungan Hidup (BLH), Dinas Pendidikan, dan Dinas Kesehatan Kota Balikpapan, Pertamina Foundation menjalan program pengelolaan sampah, kantin sehat dan kebun raya sekolah. SD Bhayangkari menjadi sasaran pertama program tersebut  dengan Bazar olahan hasil jajanan lokal dan pengukuhan duta kantin sehat oleh Wali Kota Balikpapan Rizal Effendi, Kamis (16/10)

“Tujuan utama program tersebut dimaksudkan agar seluruh warga sekolah memiliki kewajiban untuk menjaga kebersihan sehingga semua makanan yang dikonsumsi siswa/siswi SD Bhayangkari dipastikan bersih dan jauh dari penyakit, sebagaimana menjadi salah satu penunjang SD Bhayangkari menjuarai lomba sekolah sehat tingkat Nasional,” ujar Baharuddin selaku Kepala sekolah SD Bhayangkari.

Kemudian Wali Kota dalam sambutannya mengingatkan dengan adanya kantin sehat ini semoga seluruh siswa/siswi tidak lagi membeli makanan di luar sekolah. “Jangan sampai ada pedagang yang menjual jajanan di luar sekolah. Kantin sehat telah disediakan untuk memfasilitasi seluruh warga sekolah untuk mengkonsumsi makanan dan minuman yang bersih, pedagang yang ada di luar sekolah wajib di tata agar asupan makanan anak-anak kita dapat terjaga,” papar Wali Kota.

Tidak hanya di situ, Wali Kota beserta rombongan juga melanjutkan sosialisasi pemilihan sekolah berwawasan  lingkungan hidup (PSBL) di SMPN 8, Manggar. Kali ini Pemerintah Kota Balikpapan bersama Balikpapan Pos melakukan lounching koran sekolah Balikpapan Pos, yang bertujuan menggali potensi siswa/siswi yang memiliki bakat dibidang jurnalis. “Koran sekolah terbit mingguan dengan informasi seputar sekolah dan kegiataannya, Koran sekolah dirasa penting untuk memicu bakat siswa/siswi yang memiliki potensi pada bidang jurnalis dan meningkatkan minat baca bagi siswa/siswi dilingkungan sekolah tersebut,” ujar Heri Misnoto selaku Kepala Dinas Pendidikan.

Melanjutkan program Pertamina Foundation Sobat Bumi, Wali Kota Rizal Effendi meneruskan kegiatan di SDN 004 Balikpapan Barat. Disini Wali Kota meresmikan kebun raya mini mangrove yang dikelola oleh siswa/siswi SDN 004 yang menamakan dirinya sebagai “laskar mangrove”. Dalam sambutannya Wali Kota memberikan apresiasi kepada seluruh siswa/siswi yang memiliki kepedulian terhadap lingkungan tempat dimana mereka menggali ilmu. “SDN 004 ini merupakan sekolah yang lengkap, ketika kalian sudah berhasil menjaga kebun raya mini, kalian juga dapat menjaga kantin agar menjadi kantin sehat seperti SD Bhayangkari. Sudah memiliki taman, lingkungan bersih kemudian kantin sehat, sekolah ini sangat lengkap” ujar Wali Kota. (hms/ecs)