Wali Kota: “Berikan Kesempatan Bagi Pencari Kerja yang Mengalami Cacat atau Berusia Lanjut”

Balikpapan, Humaspro – Upaya Pemerintah Kota Balikpapan untuk memberikan fasilitas pekerjaan bagi pencari kerja di Kota Balikpapan diwujudkan melalui pameran bursa kerja job fair 2014. Acara ini digagas oleh Dinas Tenaga Kerja dan Sosial Kota Balikpapan dengan mengikut sertakan sekitar 98 perusahaan. Pameran yang berlangsung di BSCC Dome ini menarik ribuan orang pencari kerja yang sejak pukul 09.00 pagi telah memadati area pameran, Selasa (21/10). Pameran tersebut dibuka langsung oleh Wali Kota Balikpapan Rizal Effendi sekaligus memberikan arahan bagi pencari kerja dan pemilik lapangan pekerjaan/perusahaan.

Dalam sambutannya Wali Kota Rizal Effendi mengingatkan kepada seluruh pencari kerja untuk dapat meningkatkan kualitas dan kapasitas dalam bekerja. “Saat ini tidak ada lagi batasan wilayah, semua recruitment diadakan secara terbuka dan boleh diikuti oleh masyarakat dari manapun, sehingga memungkin persaingan mencari kerja begitu ketat. Itulah mengapa seluruh pencari kerja harus meningkatkan kemampuan dan kompetensi,” ujar Wali Kota.

Selain itu, Wali Kota juga mengucapkan terima kasih kepada 98 perusahaan yang terlibat dalam pameran bursa kerja ini. Wali Kota berpesan kepada Dinas Tenaga Kerja dan Sosial bersama pimpinan perusahaan yang ada di Balikpapan untuk memberikan kesempatan bagi disabled. “Pencari kerja yang mengalami cacat mempunyai kesempatan untuk bekerja, jadi saya meminta untuk dibuka ruang pekerjaan bagi mereka yang mengalami cacat, berikan beberapa bidang pekerjaan yang sangat mungkin mereka kerjakan,” papar Wali Kota. Wali Kota menambahkan bahwa selain pencari kerja yang mengalami disabled, banyak juga pencari kerja yang berusia lanjut yang sebenarnya masih memiliki produksifitas dalam bekerja. Oleh karena itu Wali Kota meminta agar pencari kerja yang berusia lanjut tersebut dapat diberikan lapangan kerja pula yang sesuai dengan kemampuannya. (hms/ecs)