Pemkot Serahkan 115 Sapi untuk Kelompok Tani Peternak

Balikpapan, Humaspro – Wali Kota Balikpapan bersama sejumlah anggota Komisi II DPRD Kota Balikpapan, Jumat (24/10) menyerahkan 115 ekor sapi bantuan Pemerintah Kota Balikpapan untuk empat kelompok tani di  Kelurahan Kariangau yang merupakan salah satu sentral usaha penggemukan dan peternakan sapi potong di Balikpapan selain Kelurahan Karang Joang, Manggar, Teritip, dan Lamaru.

 

Pada acara yang berlangsung di RT 4 Kariangau, Balikpapan Barat, walikota menyerahkan 28 ekor sapi jantan dan betina untuk Kelompok Tani Sumber Makmur I, 36 ekor sapi jantan dan betina untuk Kelompok Tani Sumber Makmur II, 23 ekor jantan dan betina untuk Kelompok Tani Sumber Maju, dan 28 ekor sapi  jantan betina untuk Kelompok Tani Ngudi Makmur.

Dalam laporannya, Plh. Kepala Bidang Kehewanan dan Peternakan DPKP (Dinas Pertanian, Kelautan dan Perikanan) Kota Balikpapan, Drh. Ratna mengungkapkan bahwa sampai saat ini kebutuhan sapi untuk Kota Balikpapan masih bergantung dari dari daerah lain. “Sekitar 97% suplai sapi berasal dari daerah lain seperti Sulawesi Selatan, Sulawesi Tengah, NTB, dan NTT,” ungkap Ratna. “Untuk itu pengembangan ternak sapi potong di Kota Balikpapan masih sangat memungkinkan,” lanjutnya.

Lebih lanjut Drh. Ratna menyampaikan bahwa bantuan sapi dari Pemerintah Kota Balikpapan yang diserahkan kali ini merupakan realisasi kegiatan pengembangan ternak sapi untuk tahun anggaran 2014.

“Total dana yang disediakan untuk kegiatan ini mencapai 958 juta rupiah untuk pembelian 115 ekor sapi bibit dengan pengadaan sapi bibit tersebut melalui proses dan mekanisme lelang. Sedangkan untuk pemilihan petani dan kelompok tani penerima bantuan telah sesuai dengan ketetapan CPPL (calon petani dan penerima lokasi),” jelas Ratna.

Penyerahan bantuan berupa sapi bibit ini juga disambut baik oleh petani peternak penerima bantuan tersebut. “Kami ucapkan terima kasih kepada Pemkot Balikpapan atas bantuan yang diserahkan kepada kami. Kedepannya, kami berharap mendapat bantuan mesin pemotong rumput, pengembangan kandang, dan air serta pakan ternak,” ujar Rusdi, salah seorang anggota kelompok tani penerima bantuan sapi.

Sementara itu dalam sambutannya Walikota Balikpapan Rizal Effendi berpesan agar para petani dan kelompok tani dapat memanfaatkan bantuan ini dengan baik. “Kami senang bapak-bapak bisa meningkatkan kesejahteraan melalui peternakan ini. Untuk itu saya mohon agar sapi-sapi ini dapat dipelihara dengan baik,” harap walikota.

“Walaupun Balikpapan ini merupakan wilayah perkotaan tetapi tetap memungkinkan untuk pengembangan pertanian dan peternakan. Pemkot akan membantu usaha peternakan salah satunya dengan pembinaan kepada kelompok tani agar para petani dan peternak dapat meningkatkan kesejahteraannya,” imbuhnya.

“Dan kepada petugas kesehatan hewan di DPKP saya berpesan agar kesehatan sapi-sapi ini terus dipantau agar sapi-sapi ini tetap sehat dan produktif,” pungkas Walikota. (hms/nov, foto:ecs)