Kota Balikpapan Raih Penghargaan Adibahasa

Samarinda, Humaspro – Bertepatan dengan jatuhnya hari Sumpah Pemuda  tanggal 28 Oktober 2014, Kota Balikpapan berhasil mendapatkan penghargaan Adibahasa. Sebuah kategori penghargaan penggunaan bahasa Indonesia untuk seluruh Kabupaten/Kota di Provinsi Kalimantan Timur. Usai melaksanakan Upacara hari Sumpah Pemuda, Wakil Gubernur H. Mukmin Faisyal HP menyematkan penghargaan kategori terbaik pertama kepada Sekretaris Daerah Kota Balikpapan Sayid MN Fadli di Halaman Kantor Gubernur Kalimantan Timur.

Dari sembilan Kabupaten/Kota se-Kaltim, Kota Balikpapan berhasil mendapatkan peringkat pertama dalam penghargaan Adibahasa Provinsi Kaltim tahun 2014. Kota Balikpapan berhasil mendapatkan nilai dalam hal penggunakan bahasa Indonesia dengan baik dan benar, baik di dalam dokumen administrasi pemerintahan, kebijakan Pemerintah Daerah, kegiatan kebahasaan dan kesastraan serta pemakaian bahasa di tempat-tempat umum.

Melalui pidatonya Wakil Gubernur H. Mukmin Faisyal mengucapkan terima kasih kepada seluruh Kabupaten/Kota se-Kaltim atas partisipasinya. “Penghargaan ini merupakan sebuah penghargaan yang dimaksudkan untuk mengukur kemampuan setiap Kabupaten/Kota di Kaltim dalam hal penggunaan bahasa Indonesia yang baik dalam aspek apapun. Penilaian penggunaan bahasa Indonesia tersebut dilaksanakan oleh Pemerintah Provinsi Kaltim bekerjasama dengan Kantor Bahasa Provinsi Kaltim,” papar Mukmin.

Mukmin menambahkan penghargaan tersebut sengaja diberikan bertepatan dengan hari Sumpah Pemuda, agar setiap Kabupaten/Kota di Kaltim dapat mengambil nilai-nilai yang terkandung dalam semangat Sumpah Pemuda, yang dalam hal ini tertuang melalui penggunakan bahasa kesatuan Indonesia secara baik dan benar. “Penghargaan ini akan memicu setiap Kabupaten/Kota di Kaltim untuk dapat menggunakan bahasa Indonesia dengan baik dalam melakukan kegiatan kemasyarakatan dan pemerintahan,” tambahnya. (hms/ecs)