Hari Ke-13 Porprov, Balikpapan Koleksi 44 emas, 61 perak, 83 perunggu

Samarinda, Humaspro - Hingga hari ke - 13 penyelenggaraan Porprov V Kaltim tahun 2014 di Samarinda, kontingen Balikpapan telah mengumpulkan 187 medali. Sampai pukul  22.00 wita Rabu malam (12/11), Balikpapan mengumpulkan  43 emas, 61 perak dan 83 perunggu. Posisi Balikpapan berada  di bawah tuan rumah Samarinda dan Kutai Kartanegara yang berada di peringkat pertama dan kedua.


Menurut Kabid Pemuda dan Olahraga Disporabudpar Balikpapan Irfan Taufik, perolehan medali bisa bertambah, mengingat ada beberapa cabang olahraga unggulan yang berpeluang meraih medali namun belum dipertandingkan. Cabor unggulan tersebut diantaranya Karate, Pencak Silat,  Muaithai, Tarung Drajat, Voly putra  serta Wushu.
lebih lanjut Ia berharap medali emas bisa menyentuh angka 100,  namun kondisi tersebut akan dikembalikan ke masing-masing cabor dalam menghadapi pertandingan.

"Dari cabang Karate kita harapkan bisa mendulang emas yang lumayan, untuk cabang Muathai kita punya atlet nasional, termasuk voly putra," ujar Irfan. Pada Porprov empat tahun silam di Bontang, Balikpapan menjadi juara dua namun pada Porprov kali ini Balikpapan masih berada diperingkat III.

"Perolehan medali tidak menjadi  tolak ukur mengingat banyaknya atlet nasional yang ikut di porprov V ini," tegasnya. "Kita  benar-benar menggunakan atlet daerah yang merupakan atlet binaan sendiri. Jadi, perolehan medali tidak menjadi tolak ukur tapi kita melihat bagaimana meningkatnya kompetensi diri atlet dari pelaksanaan porprov ini," terangnya. Ia berharap agar ajang olahraga daerah ini bisa mengasah kemampuan atlet Balikpapan dan daerah lain untuk meraih pestasi yang lebih baik lagi.(HMS/Tim Liputan)