Balikpapan Raih Penghargaan National Procurement Awards 2014

Jakarta, Humaspro - Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional  Andrinof Chaniago didampingi Kepala Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) Pusat Agus Raharjo yang mewakili Presiden Republik Indonesia memberikan Penghargaan National Procurement Award 2014 kepada Pemerintah Kota Balikpapan. Penghargaan tersebut diserahkan secara langsung kepada Walikota Balikpapan Rizal Effendi di Balai Sudirman Jakarta, Selasa (18/11).

Penyerahan ini dilaksanakan pada acara pembukaan Rapat Kerja Nasional (Rakernas)  Pengadaan 2014 yang dilaksanakan oleh LKPP. Balikpapan meraih penghargaan tersebut untuk kategori Komitmen Pencapaian INPRES No. 2 Tahun 2014 pada Aksi Pelaksanaan Transparan dan Akuntabilitas dalam Mekanisme Pengadaan Barang dan Jasa.

Menanggapi penghargaan yan telah diraih oleh Pemkot Balikpapan, Walikota Balikpapan Rizal Effendi mengatakan bahwa penghargaan tersebut sekaligus menjadi pemacu semangat dan sebagai bahan evaluasi untuk lebih baik lagi dalam memperbaiki sistem pengadaan barang dan jasa.

Menurut Kepala LKPP Agus Raharjo, Rakernas Pengadaan 2014 memiliki tujuan untuk menyamakan visi dalam rangka mewujudkan Pengadaan Nasional yang Kredibel Menuju Indonesia Hebat, dengan lebih menguatkan peran kelembagaan ULP, meningkatkan jumlah transaksi lelang secara elektronik, meningkatkan persaingan sehat antar para pelaku usaha, meningkatkan kredibilitas pengadaan barang/jasa pemerintah di mata masyarakat, serta memaksimalkan peran pengawasan proses pengadaan melalui APIP.

Lebih lanjut Ia mengatakan setiap tahunnya LKPP selalu menggelar  Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) dengan jumlah peserta yang terus bertambah, seiring dengan pesatnya pertambahan jumlah Layanan Pengadaan Secara Elektronik (LPSE) dan Unit Layanan Pengadaan  (ULP). Tahun ini, kegiatan Rapat Koordinas Nasional (Rakornas) melibatkan stakeholder pengadaan yang lebih luas dengan melibatkan ULP,  Aparat Pengawasan Intern Pemerintah (APIP), dan Institut Akuntan Publik Indonesia (IAPI) dan berubah nama menjadi Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Pengadaan.

Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Pengadaan 2014 mengusungkan tema “Mantapkan Pengadaan Nasional yang Kredibel Menuju Indonesia Hebat”. Acara ini  diikuti oleh peserta yang terdiri dari Kepala Daerah, perwakilan LPSE, ULP, APIP, dan IAPI dari seluruh Indonesia. (HMS/tim liputan)