Polandia Lirik Kerjasama Dengan Balikpapan

Balikpapan, Humaspro – Sekretaris pertama Divisi Promosi Perdagangan dan Investasi Kedutaan Besar Polandia Tomasz Pietka mengunjungi Pemerintah Kota Balikpapan Jumat (21/11). Kehadiran Tomasz Pietka tersebut disambut langsung oleh Kepala Badan Penanaman Modal Pelayanan Perizinan Terpadu (BPMP2T) Ir. Nining Surtiningsih, Kepala Dinas Perindustrian Perdagangan dan Koperasi (Disperindagkop) Dra. Dortje Marpaung, Kepala Dinas Kesehatan Kota (DKK) Balikpapan drg. Dyah Muryani, dan Kabag Perekonomian Setdakot Balikapan Arzaedi Rachman di Ruang Rapat II Kantor Pemkot Balikpapan.

 

Menurut Tomasz Pietka selaku sekretaris pertama divisi promosi dan perdagangan Kedubes Polandia, maksud dari kunjungannya ke Pemkot Balikpapan adalah dalam rangka menjalin kerjasama dan meningkatkan perdagangan dan investasi antara Polandia dan Balikpapan.

 

“Setelah pertemuan ini, saya melihat banyak sektor lain selain Batubara yang dapat kami kembangkan untuk melakukan kerjasama perdagangan seperti alat-alat kesehatan, teknologi mesin ramah lingkungan dan kosmetik,” jelas Tomasz Pietka. Ia sangat yakin dapat bekerja sama dengan Pemkot Balikpapan terlebih lagi dengan adanya pembangunan Rumah Sakit Umum Balikpapan yang tentunya memerlukan alat-alat kesehatan.

 

“Tahun depan kami akan ikut berpartisipasi di pameran yang akan dilaksanakan di Balikpapan pada bulan Juni 2014, Divisi Promosi kami akan berpartisipasi di sektor pertambangan dan batubara,” ujar Tomasz Pietka.

 

Ia menjelaskan bahwa selama bulan Januari hingga Juni 2015 Divisi Promosi Polandia akan mengadakan program khusus yang menitikberatkan pada sektor tambang dan alat-alat kesehatan. Menurutnya, kesempatan perdagangan dan investasi antara Polandia dan Indonesia  semakin besar khususnya setelah Susilo Bambang  Yudhoyono saat menjabat sebagai Presiden RI melakukan kunjungan pada tahun 2013 lalu dan berhasil menandatangani lebih dari 10 MoU antara Kadin Indonesia dengan Kamar Dagang Polandia, serta Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) dan Badan Informasi dan Investasi Asing Polandia (PAlilZ). (HMS/Met)