HUT KORPRI Ke-43 Sarat Kebersamaan

Balikpapan, Humaspro – Puncak peringatan HUT KORPRI ke 43 Kota Balikpapan dilaksanakan di Gedung Balikpapan Sport Convention Centre atau Dome pada Rabu (26/11). Acara peringatan HUT Korpri kali ini mengusung tema “Memperkokoh Jiwa Korps Profesionalitas, dan Integritas Aparatur Sipil Negara Sebagai Anggota Korpri Guna Mendukung Kepemimpinan Nasional Menuju Bangsa Yang Maju, Sejahtera, dan Bermartabat,”.

 

Guna meningkatkan kapasitas Pegawai Negeri Sipil (PNS) di Pemkot Balikpapan maka acara tersebut diisi dengan kegiatan ceramah motivasi bagi anggota Korpri oleh Prie GS yang banyak dikenal sebagai budayawan, kartunis, sekaligus penulis dari Semarang.  Ceramah motivasi tersebut berisi ajakan untuk mengembangkan kecerdasan majemuk dan mengajak untuk  berpikir positif sehingga semua bisa tercapai bila kita memiliki kemauan dan usaha.

 

Menurut Ketua Panitia pelaksana HUT Korpri ke  43 Muhaimin, untuk menyemarakkan HUT Korpri telah digelar berbagai lomba olahraga seperti turnamen praja cup,  lomba olahraga antar SKPD seperti Futsal, Tenis meja, tenis lapangan, voli, dan catur. Untuk turnamen olahraga antar SKPD keluar sebagai juara umum adalah dari Dinas Pendidikan (Disdik).  Dalam laporannya Muhaimin mengatakan selain turnamen olahraga juga telah dilaksanakan MTQ antar PNS dengan hadiah utama Umroh bagi juara I. MTQ bagi anggota Korpri tersebut dilaksanakan mulai tanggal 19-21 November 2014 yang menyediakan hadiah umroh bagi 4 orang yang berhasil meraih terbaik I cabang Tilawah Al Qur’an kelompok  pria dan wanita serta terbaik I cabang hafidz Al Qur’an kelompok pria dan wanita.

 

Lebih lanjut Muhaimin menyampaikan selain turnamen olahraga juga digelar peningkatan kapasitas PNS, dan kegiatan sosial seperti kegiatan donor darah untuk masyarakat serta pemberian beasiswa  bagi anak PNS golongan I dan II, serta pemberian tali asih kepada PNS yang telah purna tugas.

Ketua Korpri Kota Balikpapan Sayid MN Fadli yang juga menjabat sebagai Sekretaris Daerah Kota Balikpapan mengatakan bahwa banyak yang telah dilakukan oleh Korpri Balikpapan. “Dengan kebersamaan banyak hal yang telah kita lakukan seperti adanya klinik Korpri, swalayan Korpri, pemberian tali asih, serta pemberian beasiswa bagi siswa yang telah yatim piatu,” ujar Ketua Korpri Sayid MN Fadli.

 

Ia juga menambahkan bahwa kiprah Korpri juga turut dirasakan masyarakat  melalui pemeriksaan mata dan pemberian kacamata secara gratis bagi warga yang tidak mampu. “Pada Idul Adha kemarin Korpri Balikpapan juga telah mengumpulkan dan menyalurkan 36 ekor sapi qurban kepada masyarakat,” ujar Sayid MN Fadli. Sebelum menutup sambutannya Ia berharap agar Korpri bisa terus berkiprah bukan hanya untuk Pemkot Balikpapan tetapi juga untuk masyarakat Kota Balikpapan.

 

Sementara itu, Walikota Balikpapan Rizal Effendi dalam sambutannya mengatakan bahwa di hari ulang tahun Korpri yang ke 43 ini diharapkan agar para anggota Korpri dapat merenungkan  dan melakukan evaluasi terhadap apa yang sudah kita lakukan selama ini. “Cita-cita presiden kita adalah revolusi mental tentunya hal ini sangat penting bagi anggota Korpri agar dapat meningkatkan profesionalisme,” ujar Walikota Rizal Effendi. Di akhir sambutannya Walikota menyampaikan terima kasih kepada Ketua Korpri Balikpapan Sayid MN Fadli atas berbagai kegiatan positif yang telah dilakukan oleh Korpri Balikpapan untuk kesejahteraan masyarakat.

 

Acara tersebut diakhiri dengan pembagian doorprize yang berjumlah 43 hadiah sesuai dengan angka HUT Korpri tahun ini. Di antara hadiah doorprize tersebut terdapat hadiah utama yakni 3 buah sepeda motor dan 4 paket umroh untuk 4 orang. (HMS/tim liputan)