Balikpapan Terbaik se-Kaltim Keterbukaan Informasi Publik

Balikpapan, Humpro - Pemerintah Kota Balikpapan meraih panji keberhasilan pembangunan di Bidang Keterbukaan Informasi Publik pada peringatan Hari Ulang Tahun Provinsi Kalimantan Timur ke-58 Tahun 2015. Panji Keberhasilan ini adalah sebuah bentuk apresiasi yang membanggakan bagi Kabupaten/Kota di Kaltim karena dianggap memiliki poin tertinggi dalam penilaian penyelenggaraan pelayanan informasi publik dari Pemerintah Provinsi Kaltim.

“Penghargaan Ini adalah prestasi yang sangat membanggakan karena baru di raih pada tahun 2015,” ungkap Sutadi, Kepala Bagian Humas dan Protokol Setdakot Balikpapan, setelah menerima panji keberhasilan saat Upacara Peringatan HUT Provinsi Kaltim  ke-58 di Halaman Kantor Walikota Balikpapan, senin (12/1).

Prestasi yang membanggakan ini ternyata bukan didapatkkan dengan cara yang mudah. Ada sejumlah  proses  sehingga panji keberhasilan ini diraih oleh Kota Balikpapan. Salah satunya adalah dibentuknya pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) sebagai unsur pelaksana pelayanan informasi.

“PPID kita sudah terbentuk sejak 28 Maret 2013 lalu, “ ungkap Sutadi yang juga menjabat sebagai Ketua PPID Utama Kota Balikpapan.

Sebagai wujud pelayanan informasi yang prima, lanjut Sutadi, Pemerintah Kota telah membentuk 68 PPID Pembantu yang tersebar diseluruh Satuan Kerja Perangkat daerah (SKPD), mulai dari level dinas hingga ke tingkat kecamatan dan kelurahan.

Pembentukan PPID pembantu ini sebagai bentuk perpanjang tanganan PPID Utama dalam melaksanakan pelayanan informasi di SKPD terkait. “Sehingga jika warga membutuhkan informasi di Dinas Pendidikan bisa langsung menghubungi PPID Pembantu di Dinas Pendidikan tanpa perlu ke PPID utama,” lanjutnya.

Pelayanan informasi publik yang dilakukan oleh Pemerintah Kota Balikpapan sejak 2 tahun terakhir ini kini telah disempurnakan dengan disusunnya standar operasional prosedur (SOP) sebagai acuan pelayanan informasi yang dilakukan oleh PPID utama. SOP ini berisi alur pelayanan informasi publik dan alur penyelesaian keberatan dan sengketa informasi publik.

“Pada tahun lalu (2014), Keterbukaan informasi Publik juga menjadi salah satu poin penilaian dalam kegiatan monitoring dan evaluasi (monev) pelayanan publik,” ujarnya.

Selain menerima panji keberhasilan di Bidang Komunikasi dan Informasi Publik, Pemerintah Kota Balikpapan juga meraih 15 panji keberhasilan pembangunan dibidang lain yang diserahkan secara langsung oleh Wakil Gubernur Kaltim Mukmin Faisal HP saat upacara HUT Provinsi Kaltim di Stadion Madya Sempaja Samarinda, Jumat pekan lalu (9/1)

Enam belas Panji keberhasilan pembangunan tersebut meliputi Bidang Hukum dan HAM, Bidang Kinerja Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah, Bidang Lingkungan Hidup, Bidang Keterbukaan Informasi publik, Bidang Perekonomian , Bidang Pariwisata, Bidang Perhubungan Wahana Tata Nugraha, Bidang Pendidikan, Bidang Pembangunan Perpustakaan dan Minat Baca, Bidang Kependudukan, Bidang Kepemudaan, Bidang Pemerintahan Kelurahan, Bidang Penggerak PKK Berprestasi, Bidang Penataan Ruang dan Bidang Kebudayaan. (hms/mgm)