Taufiq Ismail Bacakan Puisi di Pemkot Balikpapan

Balikpapan, Humaspro - Hari Jumat (6/2) di Aula Pemkot Balikpapan terasa istimewa, dengan kehadiran penyair terkenal Taufiq Ismail dan KH. Zawawi Imron. Kehadiran dua orang sastrawan dan budayawan terkenal tersebut untuk memenuhi undangan Pemerintah Kota Balikpapan dalam rangkaian kegiatan peringatan HUT Kota Balikpapan ke 118. Menurut ketua panitia Hasanuddin, acara tersebut digelar sebagai salah satu syiar Islam dan untuk memperkuat Ukhuwah Islamiyah antara pemimpin dan masyarakat demi terwujudnya Kota Balikpapan sebagai madinatul iman.

“Kami mengundang Taufiq Ismail dan Zawawi Imron sebagai obat kerinduan kita semua kepada mereka yang akan membacakan puisi yang penuh dakwah dan pesan baik kepada kita semua,” ujar Hasanuddin yang juga menjabat sebagai Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat Setdakot Balikpapan.

Sementara itu, Walikota Balikpapan Rizal Effendi dalam sambutannya memberikan apresiasi yang besar kepada Taufiq Ismail dan Zawawi Imron yang bersedia memenuhi undangan Pemkot Balikpapan untuk membacakan puisi dalam acara yang bertema Tabligh Akbar dan refleksi 118 tahun Kota Balikpapan dalam lembar puisi. “Kita bersyukur atas kehadiran kiyai dan sastrawan yang khusus datang untuk membacakan puisi layaknya siraman rohani yang menyejukkan hati, dan motivasi,” ujar Wali kota Rizal Effendi.

“Saya berharap semoga kegiatan ini dapat disiram puisi dengan kata-kata yang baik, karena sebagian yang hadir di sini adalah aparatur sehingga saya harap dapat bekerja melayani masyarakat dengan baik dan lurus,” ujar walikota. Ia juga menambahkan beberapa kegiatan HUT Kota juga diisi dengan kegiatan yang religius. “Semoga HUT Kota ke 118 ini membawa hikmah bagi kita semua,” harap walikota.

Taufiq Ismail membuka acara tersebut dengan membacakan puisinya yang berjudul “Janganlah Kiranya Ditutupkan Itu Cahaya Quran”. Puisi tersebut  berisi kritik terhadap manusia yang sering kali memposisikan Al Quran hanya sebatas hiasan rumah, puisi tersebut juga mengajak manusia agar menerapkan Al Quran dalam keseharian dan menjadi panduan sepanjang kehidupan.  (HMS/Met, foto: Rey,Yudi,Fit)