Upacara HUT Kota, Pemkot Launching Batik Balikpapan

Balikpapan, Humaspro - Upacara peringatan Hari Ulang Tahun Kota Balikpapan ke-118 yang jatuh pada hari Selasa (10/2) di Lapangan Merdeka terasa lebih meriah dengan  dilaunchingnya batik khas Balikpapan.

Launching Batik Balikpapan ini ditandai dengan peragaan busana yang dibawakan oleh  duta wisata Balikpapan bersama pegawai PDAM Kota Balikpapan

Batik khas Balikpapan merupakan hasil kreasi Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Balikpapan bersama pengrajin lokal. Ciri khas batik Balikpapan nampak dari coraknya yang diambil dari kekhasan Balikpapan, seperti mangrove (bakau), jahe Balikpapan, buah karamunting, tanaman pakis hingga beruang madu, tanpa menghilangkan identitas Kaltim, seperti motif Dayak.

Wali Kota Balikpapan Rizal Effendi berharap promosi batik khas Balikpapan ini bisa terus dilanjutkan, ia pun meminta semua pihak untuk membantu promosi batik yang menjadi kebanggaan Kota Balikpapan tersebut.

“kedepannya, saya berharap agar para pejabat pemerintah dan non-pemerintah, serta masyarakat Kota Balikpapan dapat ikut mempromosikan dengan mengenakan batik Balikpapan ini dalam berbagai kesempatan” ujarnya

Selain launching Batik Balikpapan, Upacara HUT Kota juga dimeriahkan dengan karnaval hasil kreasi sanggar asuhan Dinas Pemuda Olahraga Kebudayaan Dan Pariwisata (Disporabudpar) Balikpapan serta diramaikan dengan atraksi olahraga beladiri Yong Moo-Do dari Batalyon Infanteri 600/Raider Balikpapan (Hms/hjp)