AS Jajaki Kerjasama Dengan ITK

Balikpapan, Humaspro – Rabu (11/2) Bertempat di Ruang Rapat 1 Kantor Pemerintah Kota Balikpapan, Wali Kota Balikpapan Rizal Effendi menerima kunjungan kerja US Embassy RLO Balikpapan Team yang terdiri dari Sean P. McKeating, Darion K.Akins serta Fatty Trianasari.

Mewakili delegasi Amerika Serikat tersebut Sean P. McKeating mengungkapkan bahwa kedatangan mereka untuk meningkatkan hubungan antara Indonesia dengan Amerika Serikat khususnya di bidang pendidikan, salah satunya kerjasama dengan Institut Teknologi Kalimantan (ITK).

“sebelum ke sini (Kantor Pemerintah Kota Balikpapan, - red), kami sudah bertemu bapak Subchan dan melihat kondisi ITK, bagaimana progresnya”ucapnya.

Wali Kota berharap nantinya kerja sama dengan Amerika dapat diwujudkan secara kongrit, tujuannya untuk mengangkat kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) di Kalimantan Timur khususnya di bidang pertambangan dan migas.

“kita berharap dukungan dari pemerintah Amerika Serikat terhadap ITK kita, sehingga anak-anak Kaltim dapat menjadi bagian penting dalam pengelolaan sumber daya alam di daerahnya sendiri” jelasnya.

Sementara itu, Wakil Rektor 1 Institut Teknologi Kalimantan Subchan, PhD  yang ditemui selepas acara mengatakan bahwa kunjungan delegasi Amerika Serikat tersebut untuk mengetahui kondisi ITK saat ini, mulai dari jumlah mahasiswa sampai dengan infrastrukturnya. Sehingga nantinya pihak Amerikat Serikat dapat  merumuskan langkah-langkah kerjasama dengan ITK.

“mereka berharap nantinya ada kerjasama antara ITK dengan US, seperti pertukaran pelajar juga pertukaran dosen” Jelasnya.

ITK yang terletak di Jl. Soekarno Hatta KM.15 Karang Joang saat ini masih dalam proses pembangunan, dengan luas lahan hingga 300 hektar, ITK digadang-gadag akan menjadi perguruan tinggi terbesar di kawasan asia (Hms/hjp)