Delegasi Australia Puji Perkembangan Balikpapan

Balikpapan, Humaspro - Minister Counsellor of Australia Bradley Armstrong memuji perkembangan Kota Balikpapan, menurutnya perkembangan Balikpapan dalam beberapa tahun terakhir begitu pesat. Hal itu ia sampaikan saat bersilahturahmi dengan Wali Kota Balikpapan Rizal Effendi di ruang kerjanya, Rabu (11/2).

Pria yang mahir berbahasa Indonesia ini menjelaskan, terakhir kali ia ke Balikpapan tahun 2005 lalu, dan ketika kembali menginjakkan kaki ke kota minyak ia kagum dengan kondisi  Kota Balikpapan saat ini.

“saya salut melihat  perkembangan Kota Balikpapan, sarana prasarana yang maju dan bandaranya sangat bagus, dan saya juga mendengar Balikpapan kota terbersih se Asia Tenggara” pujinya.

Bradley juga memuji kondisi masyarakat Balikpapan yang multi etnis, kondisi ini sama dengan Australia yang juga memiliki beragam etnis dari berbagai negara.

“Australia sebenarnya sama seperti Balikpapan, Balikpapan seperti mini Indonesia, Australia seperti dunia dalam satu negara” tuturnya.

Sementara itu, Wali Kota berharap delegasi Austaralia membantu promosi sehingga wisatawan Australia berkunjung ke Kalimantan Timur khususnya Balikpapan, mengingat potensi wisata  di bumi borneo tidak kalah dengan daerah lain di Indonesia.

“Kita berharap turis Australia semakin banyak berkunjung Ke Kalimantan Timur, karena selama ini kerjasama masih di bidang pertambangan” jelasnya.

Selain bidang sosial dan pariwisata, dalam pertemuan itu juga dibahas beberapa hal, diantaranya di bidang pendidikan, politik dan ekonomi. (Hms/hjp)