BPMPPKB Hadir di Pameran BALIKPAPAN FAIR 2015

“BALIKPAPAN FAIR 2015” merupakan agenda pameran yang setiap tahunnya dilaksanakan sebagai rangkaian kegiatan dalam memperingati  Hari Jadi ke 118 Kota Balikpapan resmi dibuka oleh Walikota Balikpapan yang diwakili oleh Asisten Bidang Pemerintahan Setdakot Balikpapan Syaiful Bahri  Kamis (26/02/ 2015) Sore. Pameran yang dilaksanakan di Balikpapan Sport and Convention Center (BSCC) Dome Balikpapan ini akan berlangsung selama lima hari yakni dari tanggal 26 Februari sampai dengan 2 Maret 2015.

BPMPPKB Kota Balikpapan yang ikut ambil bagian pada pameran tersebut menempati booth No 40 dan menyatu dengan stand dari beberapa SKPD , di paviliun stand Pemerintah Kota Balikpapan. Kepala BPMPPKB Kota Balikpapan Ir. Sri Wahjuningsih, MAP yang ditemui disela-sela acara peresmian pameran mengatakan bahwa kehadiran kami pada pameran ini merupakan sarana penyebarluasan informasi baik mengenai program Kependudukan, Keluarga Berencana – Keluarga Sejahtera (KKB/KS), maupun kebijakan partisipasi anak sebagai pengejawantahan dari amanah Undang-Undang No 23 Tahun 2002 tentang Perlindungan Anak, khususnya pasal 4 “Setiap anak berhak untuk dapat hidup, tumbuh, berkembang dan berpartisipasi secara wajar sesuai dengan  harkat dan martabat kemanusiaan, serta mendapat perlindungan dari kekerasan dan diskriminasi”. Kebijakan   pemerintah di bidang partisipasi anak antara lain adalah “Pembentukan wadah-wadah partisipasi anak sebagai media untuk mendengarkan dan menyuarakan aspirasi, pendapat dan harapan anak sebagai bentuk partisipasi anak dalam proses pembangunan.”.

Lebih lanjut dijelaskan bahwa sengaja kami ajak beberapa anak-anak kita yang tergabung dalam wadah Forum Anak Balikpapan (FAB), untuk ikut serta menjadi petugas di stand ini, harapan kami agar masyarakat Balikpapan bisa mendapatkan informasi langsung dari anak-anak kita mengenai peran-peran mereka dalam proses pembangunan di Kota Balikpapan. Selain itu pula kami perlu menyampaikan kepada masyarakat bahwa Kota Balikpapan sudah dicanangkan oleh Pemerintah melalui Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak yakni : Balikpapan menuju Kota Layak Anak. Papar Sri Wahjuningsih.

Ketua Tim Penggerak PKK Kota Balikpapan Hj. Arita Rizal Effendi berkesempatan mengunjungi stand BPMPPKB dan dan mengajak anak-anak dari FAB untuk foto bersama sambil mengangkat tangan salam GenRe (Generasi Berencana). Demikian pula halnya dengan Bapak Walikota Balikpapan H. Rizal Effendi yang terlambat hadir diarena pameran, juga datang di stand BPMPPKB dan lagi-lagi meminta kepada anak-anak dari FAB  untuk foto bersama. (ali-2).