Dihibur Armada, Pesta Laut Berlangsung Meriah

Balikpapan, Humaspro – Pesta laut yang digelar di Pantai Segara Sari Manggar, Minggu (1/3) berlangsung meriah dengan kehadiran Band Armada yang menghibur pengunjung. Band tersebut membawakan sejumlah hits mereka antara lain mau dibawa kemana, buka hatimu, pencuri hatiku, dan pergi pagi pulang pagi.

Selain dihibur oleh Band Armada, pesta laut yang merupakan salah satu rangkaian HUT Kota Balikpapan ke-118 juga diwarnai dengan pemecahan rekor makan nugget ikan lele sebanyak 10 ribu yang melibatkan warga dan pelajar. Rekor makan nugget lele sebanyak 10 ribu potong tersebut dicatat oleh Lembaga Prestasi Indonesia Dunia (Leprid).

Menurut Faza Novrisal selaku kepala Lembaga Prestasi Indonesia Dunia rekor makan nugget lele ini sebagai wujud ekonomi kreatif yang mendasarkan pada ketahanan pangan berhasil dikampanyekan oleh Kota Balikpapan. “Prestasi ini memicu Balikpapan untuk kreatif dalam memasyarakatkan kulinernya,” ujar Faza.

Kepala Dinas Pemuda Olahraga Kebudayaan Pariwisata (Disporabudpar) Oemy Facessly selaku ketua panitia pesta laut mengatakan kegiatan tersebut dalam rangka menjalin silaturahim dan meningkatkan kunjungan wisatawan ke Kota Balikpapan. “Sekaligus kami memasyarakatkan  gemar makan ikan dengan adanya pemecahan rekor makan nugget lele ini,” jelas Oemy.

Sementara itu Walikota Balikpapan Rizal Effendi menyambut baik dengan adanya pemecahan rekor makan nugget lele. “Terima kasih kepada para pelaku budidaya lele yang telah menyediakan ikan lele dan bila ikan laut sedang kurang mari kita makan ikan lele,” seru Walikota Rizal Effendi.

Kegiatan pesta laut tersebut juga dimeriahkan dengan festival kuliner masakan khas Balikpapan yang diikuti oleh  tim penggerak PKK dari 18 kelurahan di Balikpapan. Selain itu pesta laut juga dimeriahkan dengan pentas seni budaya tradisional serta demo masak nasi goreng dari Indonesian Chef Association (ICA) Balikpapan yang merupakan chef dari hotel berbintang di Balikpapan. (HMS/Met)