PELATIHAN MEDIS TEKHNIS ANGKATAN PERTAMA

Sebanyak 50 bidan dari Balikpapan mendapatkan pelatihan Pemasangan alat yang digelar oleh Badan Pemberdayaan Masyarakat, Pemberdayaan Perem­puan dan Keluarga Berencana (BPMPPKB) Kota Balikpapan. Pelatihan ini merupakan angkatan yang pertama dari 3 angkatan yang akan dilaksanakan oleh Bidang Keluarga Berencana (KB) BPMPPKB Tahun Anggaran 2015.

Acara yang berlangsung di di Aula petemuan lantai 3 kantor BPMPPKB Kota Balikpapan ini dibuka oleh Kepala BPMPPKB yang diwakili oleh Kepala Bidang IKAP BPMPPKB Ali Bausat , Rabu (04/03/2015) pagi.

Dalam kesempatan tersebut Ali Bausat menjelaskan bahwa Pemerintah Kota Balikpapan melalui BPMPPKB terus  berupaya untuk mensukseskan program Keluarga Berencana (KB) Nasional khususnya di Kota Balikpapan. Kita akan serius mengupayakan bagaimana menekan angka kelahiran yang masih tinggi,  termasuk calon akseptor yang ingin ber KB namun tidak terlayani (Unmet need)  yang masih pada angka yang juga cukup besar yakni mencapai 8,6 persen.

Oleh karena itu salah satu yang  perlu dilakukan adalah peningkatan pengetahuan kepada para bidan untuk melengkapi kemampuan dan kompetensinya melalui dengan melaksanakan  pelatihan medis teknis, utamanya mengenai pemasangan alat kontrasepsi. Dengan diadakannya pelatihan bagi bidan  diharapkan dapat lebih mendekatkan pelayanan KB yang berkualitas kepada masyarakat.

Sementara itu panitia pelaksana Syamsuddin, BA menjelaskan bahwa pelatihan ini adalah merupakan angkatan  I dari tiga angkatan yang diprogramkan oleh bidang KB pada tahun anggaran 2015 ini.  Adapun pemateri yang dihadirkan dalam pelatihan yang dilaksanakan selama tiga hari tersebut berasal dari P2KS Provinsi Kaltim, Dinas Kesehatan Kota Balikpapan, RSUD Balikpapan dan dari BPJS. (lud-ikap)