SOSIALISASI DAMPAK SOSIAL MEDIA

Gelaran BPMP2KB, Diikuti Forum Anak Balikpapan


BALIKPAPAN- Peran teknologi semakin berkembang di zaman sekarang, termasuk sosial media yang semakin canggih di tengah kehidupan masyarakat. Memang tidak bisa dipungkiri bahwa peran sosial media saat ini banyak membantu seseorang dalam berkomunikasi ataupun bersosialisasi tapi ternyata media sosial ini juga bisa membawa dampak yang tidak baik apabila disalah gunakan untuk hal-hal yang tidak benar.

             Menyikapi dampak buruk yang bisa ditimbulkan dengan adanya media sosial khususnya bagi anak-anak maka Badan Pemberdayaan Masyarakat Pemberdayaan Perempuan dan Keluarga Berencana ( BPMP2KB ) kota Balikpapan yang juga menaungi dan membina anak-anak Balikpapan yang tergabung dalam Forum Anak Balikpapan ( FAB ) mengadakan sosialisasi.

Tema yang diusung dampak positif dan negatif media sosial bagi pelajar ataupun remaja yang bertempat di Monumen Perjuangan Rakyat ( Monpera ) pada Minggu ( 1/3 ) siang.

“Hari ini ( Kemarin, red ) kami mengadakan pertemuan sekaligus sosialisasi kepada seluruh anak-anak yang tergabung dalama dalam FAB tentang dampak baik dan buruk sosial media dengan menghadirkan salah satu pakar sosial media yang ada di Kota Balikpapan,” kata  Kepala BPMP2KB Pemkot Balikpapan, Ir Sri Wahyuningsih.

            Sri Wahyuningsih yang akrab disapa Yuyun menjelaskan, peran media di zaman yang semakin canggih seperti ini cukup berdampak bagi pertumbuhan dan perkembangan anak-anak yang sekarang ini sudah terbiasa hidup dengan dunia yang  dikelilingin barang-barang elektronik yang cukup canggih. Sehingga mereka mampu mengakses apa saja yang mereka mau melalui media sosial sehingga dengan acara sosialisasi yang digelar saat ini anak-anak bisa lebih bijak dan bertanggung jawab dalam menggunakan media sosial.

            Sementara pakar media sosial yang memberikan materi kepada anak-anak yang tergabung dalam FAB Elsa Pasaribu mengatakan bahwa acara yang digelar oleh BPMP2KB, dirinya hanya mengarahkan bagaimana cara menggunakan sosial media dengan baik dan benar serta memanfaatkannya sesuai dengan keperluan dan porsi yang dibutuhkan tentunya dalam hal yang positif.

            “Media sosial ini memang memiliki banyak hal positif tapi kalau sampai disalahgunakan semua akan membawa dampak serta pengaruh yang sangat buruk bagi masa depan anak-anak di zaman sekarang,” ungkap Elsa.

            Sedangkan Muhammad Ami salah satu anak yang masih kuliah di Fakultas Hukum Universitas Balikpapan yang juga tergabung dalam Forum Anak Balikpapan mengungkapkan bahwa dirinya sangat senang dengan adanya kegiatan ini karena selain dirinya mendapat banyak pengetahuan yang selama ini belum diketahui tentang apa itu sosial media termasuk dampak-dampak negatifnya sehingga kedepannya bisa lebih selektif dalam menggunakan media sosial. ( fer )