BPMPPKB Kota Balikpapan gelar “Duta Mahasiswa Genre” 2015

     Badan Pemberdayaan Masyarakat, Pemberdayaan Perempuan dan Keluarga Berencana (BPMPPKB) Kota Balikpapan menggelar duta Generasi Berencana (GenRe) tingkat Kota Balikpapan yang diikuti 24 orang Mahasiswa perwakilan dari berbagai Perguruan Tinggi di Balikpapan,  (22 Maret 2015).

    Pemilihan duta mahasiswa GenRe ini untuk kali kedua digelar di Kota Balikpapan dan nantinya pemenang akan mewakili Kota Balikpapan pada ajang tingkat Provinsi Kalimantan Timur. Kata Kepala BPMPPKB Kota Balikpapan Sri Wahjuningsih dalam sambutan yang disampaikan pada acara Pembukaan Pemilihan Duta Mahasiswa GenRe tingkat Kota Balikpapan Tahun 2015.

     Ia mengemukakan, BPMPPKB menggelar kegiatan ini dilatari  dengan permasalahan remaja termasuk mahasiswa yang demikian komplek saat ini diantaranya rentan terhadap perkawinan usia dini, penyalahgunaan obat-obat terlarang, sex bebas serta berujung terinfeksi HIV/AIDS.

     “Para duta GenRe” ini diharapkan menjadi figur motivator sekaligus ikon dikalangan mahasiswa karena dapat berperan layaknya sebagai teman dilingkungannya. Berbeda jika dibandingkan harus berbagi cerita dengan orang tuanya. Selain memberdayakan GenRe, BPMPPKB juga mengembangkan Pusat Informasi dan Konseling Mahasiswa (PIK-M) yang menjadi sarana penyebar luasan informasi program Keluarga Berencana dan Keluarga Sejahtera (KB/KS) dikalangan kampus seperti Universitas Balikpapan, Sekolah Tinggi Teknologi MIGAS, STIKOM Balikpapan, STIE Madani Balikpapan dan Poltekes Kemenkes Kaltim.

      Sementara itu Kepala Bidang Keluarga Sejahtera (KS) BPMPPKB Kota Balikpapan, yang juga selaku ketua panitia pelaksana “ Marnani” mengatakan bahwa penilaian dalam lomba ini dititik beratkan pada pemahaman terhadap substansi materi program Kependudukan dan Keluarga Berencana (KKB), penampilan dalam menyajikan materi, pengetahuan umum/khusus, kemampuan berkomunikasi dengan bahasa inggris, bakat serta etika berprilaku.

Seluruh peserta diseleksi oleh 6 orang dewan juri yang terdiri dari BPMPPKB, Disporabudpar, Duta Mahasiswa 2014, dan Indonesia Muda Kaltim.

      Adapun para juara Duta Mahasiswa GenRe Kota Balikpapan Tahun 2015 adalah untuk Putra  Juara I Panca Budi Setiono, Juara II Dimas Adhitama Alam, Juara III Iksen Al - Fariz, Juara Harapan I Jie Indra Wijaya, Harapan II Fazal Akbar, Harapan III Dominggus Erich, sedangkan untuk Puteri Juara I Puspita Angraini Tejo, Juara II Sri Suhartina, Juara III Annisa Gianti Larasati, Juara Harapan I Sofiyah, Harapan II Bheya’an Aulia Putri, Harapan III Wahyuni.(ludia-ikap)